Tips Perawatan Audio Mobil dan Penyebab Kerusakannya

Tips Perawatan Audio Mobil dan Penyebab Kerusakannya

ilustrasi tape mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berkendara di tengah kemacetan atau menempuh jarak yang cukup jauh pasti melelahkan dan membosankan. Apalagi jika tidak ada teman mengobrol. Maka, komponen hiburan di mobil menjadi hal yang penting bagi pengendara. Salah satunya audio mobil.

Namun, sayangnya terkadang head unit atau tape mobil mengalami kerusakan sehingga perlu service ke bengkel audio mobil. Sebelum membawanya ke bengkel audio mobil, kita coba cari tahu dulu hal yang menjadi penyebab tape mobil rusak.

Penyebab Tape Mobil Rusak

1. Kesalahan Instalasi

Salah satu penyebab tape mobil tidak bersuara adalah kesalahan instalasi. Namun, jika ternyata sudah dipasang lama dan tiba-tiba tape mobil rusak bisa jadi karena ada komponen audio yang penempatannya tidak tepat.

BACA JUGA:Inilah Jenis Speaker Audio Mobil, Beserta Penjelasannya

Kamu harus hati-hati jika ada indikasi korsleting karena bisa merambat hingga ke bagian lampu indikator sehingga keamanan kamu ketika berkendara bisa terganggu. 

2. Spesifikasi Komponen Audio Tidak Tepat

Sebagai penyuka media hiburan, pasti kamu sangat tergoda dengan segala jenis komponen audio. Kamu ingin audio mobil kamu sempurna sehingga perjalanan menjadi lebih asyik. Tetapi ternyata pemilihan audio harus disesuaikan dengan kapasitas daya listrik mobil kamu, lho.

Jika menggunakan komponen audio yang tidak tepat, maka bisa merusak komponen lainnya. Jadi, sebelum memasang komponen audio, sebaiknya kamu berkonsultasi di bengkel audio mobil. 

3. Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah

Komponen audio mobil sangat berkaitan dengan kelistrikan. Kelistrikan mobil bersumber dari aki mobil. Jika kondisi aki mobil kamu rusak atau aus, maka bisa terjadi ketidakstabilan arus listrik. Hal ini yang menyebabkan kerusakan pada komponen audio kamu.

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Fuel Injection, Cara Kerja dan Kelebihannya

4. Debu Masuk Ke Sistem Audio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: