Ini Manfaat Pemasangan Ring Jantung Pada Penderita Jantung Koroner

Ini Manfaat Pemasangan Ring Jantung Pada Penderita Jantung Koroner

Ilustrasi pemasangan ring pada penderita jantung koroner-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Fakta yang cukup mengkhawatirkan mengenai penderita penyakit jantung koroner adalah meningkatnya jumlah penderita usia produktif. 

Dulu, rata-rata usia pasien jantung koroner adalah 50–60 tahun tetapi sekarang mulai usia 40-an sudah banyak yang mengalaminya.

Ironisnya, beberapa kali terdapat juga pasien yang baru berusia 30 tahun. Kondisi tersebut ditengarai oleh gaya hidup modern seperti, mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, minum minuman beralkohol, dan merokok. 

Selain itu, tingginya tuntutan pekerjaan yang memicu stres dan kurang berolahraga juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit jantung koroner.

Penanganan Penyakit Jantung Koroner dengan Pemasangan Ring Jantung

Tindakan kateterisasi jantung kian akrab di telinga seiring dengan makin seringnya prosedur tersebut dilakukan untuk mendiagnosis, mengevaluasi, ataupun sebagai penanganan gangguan pembuluh koroner jantung. 

BACA JUGA:Menderita Penyakit Jantung, Coba Konsumsi Makanan Ini

Ditambah lagi, tingkat akurasi pemeriksaan dengan teknik minimal invasif (non-operasi) untuk mendiagnosis penyakit jantung koroner memiliki angka lebih tinggi dibandingkan dengan pemeriksaan lainnya. 

Selain itu, tindakan pemasangan stent atau Percutaneous Coronary Intervention (PCI) dan bedah bypass koroner (Coronary Artery Bypass Grafting atau CABG) mutlak harus berdasarkan hasil pemeriksaan kateterisasi jantung.

Pemasangan stent atau PCI banyak dikenal oleh masyarakat awam dengan istilah pemasangan ring jantung. Ring jantung terbuat dari campuran platinum kromium kobalt berbentuk tabung kecil seperti jaring kawat atau jala. 

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ahli intervensi akan menempatkan ring secara permanen di dalam pembuluh darah koroner yang bermasalah. 

Umumnya, terdapat lapisan obat pada ring jantung yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya jaringan parut pada pembuluh darah. 

BACA JUGA:Mengapa Transplantasi Ginjal Terkesan Mahal? Ini Alasannya

Pemasangan ring jantung berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan oksigen dengan cara memperbesar rongga pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. 

Perlu diketahui pula, pemasangan ring jantung tidak dilakukan pada semua pasien dengan penyakit jantung koroner. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: