Waspada, Mari Kenali 8 Gejala Asma Pada Bayi

Waspada, Mari Kenali 8 Gejala Asma Pada Bayi

Ilustrasi bayi terserang asma-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Asma merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita di seluruh dunia. Penyakit ini menyebabkan seseorang kesulitan bernapas karena saluran pernapasan di dalam paru-paru mengalami peradangan sehingga oksigen tidak bisa masuk ke dalam tubuh. 

Asma bisa dialami oleh semua golongan usia, tua dan muda termasuk bayi. Umumnya, gejala asma pada bayi dan orang dewasa hampir tidak ada bedanya.

Asma yang diderita bayi sering kali luput dan tak terdeteksi oleh orang tua, bahkan tak jarang dianggap sebagai reaksi alergi biasa. Selain itu, kondisi bayi yang belum dapat berbicara dan menjelaskan apa yang dirasakan juga bisa menjadi kendala tersendiri. 

BACA JUGA:Pahami, Inilah Pertolongan Pertama Pada Asma

Karenanya, penting bagi orang tua selalu memperhatikan si kecil dengan cermat demi mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindarkannya dari hal lebih serius yang bisa mengganggu keseharian dan tumbuh kembangnya. Apa saja gejala asma pada bayi yang perlu diwaspadai? Berikut ini pembahasannya :

1. Sesak Napas

Gejala asma pada bayi yang pertama adalah sesak napas. Pergerakan perut bayi terlihat tidak normal, serta tampak bergerak naik dan turun tak beraturan saat bernapas dan juga lubang hidung terlihat kembang kempis.

2. Terengah-engah atau Napas Berat

Gejala asma yang selanjutnya adalah bayi terlihat kesulitan bernapas yaitu bernapas dengan berat dan terengah-engah selama aktivitas normal.

BACA JUGA:Agar Tidak Mudah Kambuh, Begini Pola Hidup Bagi Penderita Asma

3. Suara Nyaring yang Terdengar Saat Bernapas

Gejala yang paling terlihat pada penderita asma adalah munculnya mengi (atau napas berbunyi “ngik-ngik”) sebagai akibat napas dipaksa keluar melalui saluran pernapasan yang menyempit.

4. Sering Batuk

Sering batuk bisa menjadi salah satu tanda gejala asma. Batuk merupakan hal yang wajar pada bayi. Meskipun batuk wajar terjadi, tetapi mengatasi batuk pada bayi juga perlu dilakukan orang tua. Orang tua harus waspada jika si kecil menunjukkan gejala batuk terus menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: