Agar Tidak Mudah Kambuh, Begini Pola Hidup Bagi Penderita Asma

Agar Tidak Mudah Kambuh, Begini Pola Hidup Bagi Penderita Asma

Pola hidup sehat mengatasi asma-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mengatur pola hidup bagi penderita asma sangat penting, selain rutin mengonsumsi obat yang diberikan dokter. pola hidup sehat dilakukan para penderita asma agar asma tidak mudah kambuh.

Pola hidup sehat adalah sebuah keharusan yang dijalankan oleh setiap orang, terlebih jika Anda memiliki penyakit yang bisa kambuh kapan saja seperti asma. 

Menjalani pola hidup sehat bukanlah hal sulit dan tetap bisa dilakukan tanpa mengurangi perasaan bahagia sedikitpun.

BACA JUGA:Begini Tips Posisi Tidur Bagi Penderita Asma

Pola hidup sehat yang harus dijalankan oleh pengidap asma tidak jauh berbeda dengan pola hidup orang sehat lainnya. Beberapa aspek di bawah ini perlu diperhatikan agar Anda bisa menjalankan pola hidup sehat.

1. Mengatur Pola Makan

Pola makan adalah hal utama yang harus diatur jika Anda ingin hidup sehat. Terlebih diketahui bahwa asma bisa lebih mudah kambuh jika Anda memiliki masalah asam lambung.

Anda harus mengatur pola makan agar penyakit asam lambung tidak terjadi. Selain itu pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

2. Rajin Berolahraga

Olahraga juga merupakan bagian penting dalam menjalani pola hidup bagi penderita asma. Sebab olahraga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan selalu bugar. 

Namun pastikan Anda memilih olahraga yang tepat dan sesuai bagi penderita asma. Hindari olahraga dengan intensitas tinggi seperti sepak bola, bola basket dan lari jarak jauh agar asma tidak mudah kambuh.

BACA JUGA:Efektif Mengatasi Asma pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

3. Hindari Rokok

Rokok adalah salah satu hal yang bisa membuat saluran napas mengalami iritasi. Akibatnya saluran pernapasan bisa mengalami peradangan yang memunculkan gejala asma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: