Begini Tips Posisi Tidur Bagi Penderita Asma

Begini Tips Posisi Tidur Bagi Penderita Asma

Ilustrasi tidur -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebanyakan penderita asma mengalami gangguan tidur di malam hari yang berimbas pada produktivitas di keesokan harinya.

Tidak hanya itu saja, kurang tidur juga bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan lain. Bagaimana posisi tidur penderita asma agar tidur nyenyak?

Beberapa penderita asma juga sering terbangun di malam hari karena kambuhnya asma yang ditandai dengan sulit bernapas, dada sesak, dan mengalami mengi. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah asma nokturnal. 

BACA JUGA:Efektif Mengatasi Asma pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Penyebab Asma Kambuh di Malam Hari

Meskipun belum secara pasti diketahui penyebab asma kambuh di malam hari, namun ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan risiko tersebut :

1. Paparan Pemicu Alergi

Gejala asma dapat muncul saat penderita terpapar oleh pemicu alergi. Oleh karena itu, salah satu tips tidur nyenyak bagi penderita asma adalah menghindarkan diri dari hal-hal yang dapat memicu alergi saat tidur.

2. Gangguan Tidur

Gangguan tidur dan asma saling terkait dan dapat mempengaruhi satu sama lain. Salah satu contoh gangguan tidur yang bisa memicu munculnya gejala asma adalah sleep apnea, yaitu kondisi kesulitan bernapas saat tidur. Kondisi ini dapat memperparah peradangan di saluran pernapasan paru yang menyebabkan gejala asma muncul.

BACA JUGA:Inil Alasan Wanita Lebih Rentah Terkena Asma Ketimbang Pria

3. Penurunan Suhu Tubuh

Suhu tubuh umumnya akan menurun saat kita tidur. Kondisi ini bisa memicu bronkospasme atau penegangan otot di paru-paru.

Tips Tidur Nyenyak Bagi Penderita Asma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: