Anak Menderita Sakit Gigi? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Anak Menderita Sakit Gigi? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi anak menderita sakit gigi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara mengatasi sakit gigi pada anak dan orang dewasa berbeda. Apabila anak mengalami kondisi ini, orang tua bisa memberikan perawatan secara alami di rumah untuk meredakan gejalanya sebelum membawa anak ke dokter gigi.

Penyebab Sakit Gigi pada Anak

Gigi anak terbilang cukup sensitif, sehingga kurangnya kebersihan gigi, sering menggigit benda keras, atau kesalahan dalam menyikat gigi dapat membuat lapisan pelindungnya terkikis. Akibatnya, anak akan merasakan nyeri pada gigi saat mengonsumsi makanan tertentu.

BACA JUGA:Sakit Gigi Karena Makan Daging? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

sa1. Kurang menjaga kebersihan gigi. Sehingga gigi mudah rusak dan menimbulkan rasa nyeri, pembengkakan, serta gigi keropos.

2. Pertumbuhan gigi susu anak. Fase ini biasanya dimulai saat anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun. Kondisi ini terkadang menyebabkan nyeri, namun umumnya akan mereda dengan sendirinya setelah beberapa hari.

3. Infeksi gigi dan gusi. Jika kondisi ini tidak segera membaik dalam beberapa hari, maka bisa menjadi tanda adanya gangguan gigi yang berbahaya.

BACA JUGA:Jangan Khawatir ke Dokter Gigi, Ini 7 Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak

Sebelum membawa anak ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan, orang tua dapat membantu meringankan sakit gigi yang dirasakan anak menggunakan cara alami. Berikut adalah beberapa cara alami mengatasi sakit gigi pada anak yang bisa dicoba :

1. Mengompres dengan Es Batu

Cara mengatasi sakit gigi pada anak yang pertama adalah menggunakan kompres air dingin atau es batu. Kompresan ini akan membantu meredakan rasa nyeri dan pembengkakan pada gusi. Cara ini bisa dilakukan dengan membungkus es batu menggunakan handuk, lalu menempelkannya di area yang nyeri selama 15–20 menit.

Namun, jika muncul rasa tidak nyaman pada anak, segera lepaskan kompres tersebut. Cara ini juga tidak disarankan untuk sakit gigi akibat gigi sensitif.

2. Berkumur Air Garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: