Cara Menyikat Gigi yang Benar, Begini Langkah-Langkahnya

Cara Menyikat Gigi yang Benar, Begini Langkah-Langkahnya

Ilustrasi menyikat gigi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sangat penting untuk memperhatikan cara menyikat gigi yang benar demi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Sebab, menyikat gigi adalah salah satu metode perawatan kesehatan gigi yang perlu dilakukan secara rutin.

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Pada dasarnya, cara menyikat gigi yang benar dapat dilakukan melalui beberapa tahap, mulai dari memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat, memperhatikan posisi sikat gigi, menyikat gigi secara perlahan, membersihkan permukaan lidah, hingga menggunakan benang gigi dan berkumur. Berikut penjelasan lengkapnya:

BACA JUGA:Anak Menderita Sakit Gigi? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

1. Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi Yang Tepat

Pertama-tama, pastikan untuk memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat sebelum hendak menyikat gigi. Misalnya, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan lembut. Penting pula untuk memilih sikat gigi yang memiliki ukuran kepala sikat yang sesuai dengan besar rongga mulut. Hal ini dilakukan agar bulu sikat dapat menjangkau seluruh permukaan gigi dengan baik serta menghindari risiko terjadinya perdarahan di dalam rongga mulut.

Selain itu, jangan lupa untuk memilih pasta gigi yang benar dan mengandung fluoride guna membantu memperkuat enamel gigi serta mencegah risiko gigi berlubang. Anda juga dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan herbal, seperti ekstrak eucalyptus dan fennel untuk membantu menghilangkan bau mulut serta membasmi bakteri penyebab infeksi di dalam rongga mulut.

BACA JUGA:Sakit Gigi Karena Makan Daging? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Perhatikan Posisi Sikat Gigi yang Benar

Cara menyikat gigi yang benar berikutnya adalah dengan memperhatikan posisi sikat gigi di dalam rongga mulut. Posisikan bulu sikat gigi pada permukaan gigi di dekat tepi gusi dengan posisi sedikit miring, yaitu membentuk sudut 45 derajat. Jadi, bulu sikat gigi tersebut tidak menempel sepenuhnya pada permukaan gigi.

3. Menyikat Gigi Secara Perlahan

Menyikat gigi secara perlahan menjadi salah satu cara menyikat gigi yang benar dan perlu diperhatikan sebaik mungkin. Adapun durasi waktu yang disarankan untuk menyikat gigi dengan benar adalah selama 2 menit.

Perlu diketahui, menyikat gigi terlalu keras dan terburu-buru justru berisiko mengikis lapisan pelindung gigi (enamel gigi) yang kerap menyebabkan gigi sensitif. Selain itu, menyikat gigi terlalu keras juga berisiko menyebabkan terjadinya gusi berdarah dan meradang.

4. Menggerakkan Sikat Gigi Secara Melingkar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: