Masuk Akun Google atau Gmail Gunakan "Passkeys" Tanpa Password, Begini Caranya

Masuk Akun Google atau Gmail Gunakan

Ilustrasi cara masukan passkeys-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sering kali para pengguna Google atau Gmail lupa akan password pada akunnya. Sehingga ketika ingin masuk ke akun pengguna merasa kesulitan.

Namun saat ini pengguna tak perlu lagi harus mengingat deretan kata dan angka yang biasanya dibuat untuk password akun. Pasalnya Google telah menyiapkan cara lain agar pengguna tak lagi gunakan password pada akun Google atau Gmail yaitu dengan Passkeys

Passkeys disebut sebagai alternatif lain yang lebih sederhana dan aman dibandingkan dengan password. Dengan Passkeys pengguna hanya perlu memindai sidik jari, wajah maupun PIN, sudah bisa membuka kunci pada akun Google.

BACA JUGA:Dibalik Kelebihan yang Dimiliki Infinix Note 30 Pro, Ternyata Ini Kekurangannya

Tetapi pengguna juga harus memahami terlebih dahulu, bahwa Passkeys ini juga hanya bisa digunakan pada perangkat yang terdaftar oleh Google dan ini bergantung pada sistem operasi yang digunakan tiap perangkat.

Kemudian Google menuliskan bahwa passkeys dapat digunakan setidaknya pada Windows 10, macOS Ventura, atau ChromeOS 109. Pada perangkat mobile, digunakan pada perangkat yang telah menggunakan iOS 16 dan Android 9 atau versi yang lebih baru.

Selanjutnya perangkat yang digunakan oleh pengguna juga harus didukung browser mulai dari Chrome 109 atau lebih tinggi, Safari 16 atau lebih tinggi, Edge 109 atau lebih tinggi.

BACA JUGA:Pengguna Infinix Harus Tau Agar Iklan Tidak Muncul di Ponselnya, Begini Caranya

Oleh karena itu pengguna harus mengecek dan memeriksa terlebih dulu sistem operasi dan aplikasi browser yang digunakan. Jika belum memenuhi syarat tersebut, segera update atau perbarui OS dan aplikasi yang Anda gunakan.

Untuk membuat dan menggunakan passkeys, Google menuliskan 2 perangkat yang diperlukan yaitu Screen lock (layar kunci) dan Bluetooth.

Berikut ini cara mengaktifkan dan menggunakan Passkeys untuk akun Google.

1. Kunjungi alamat g.co/passkeys

2. Jika Akun telah memiliki passkey, akan terlihat daftarnya dalam laman tersebut

BACA JUGA:Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Infinix Note 30 Pro, Salah Satunya Ada Fitur Wireless Charging

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: