Awas Jangan Asal Pakai! Ini Dia Arti dari 7 Kode Segitiga pada Kemasan Plastik

Awas Jangan Asal Pakai! Ini Dia Arti dari 7 Kode Segitiga pada Kemasan Plastik

Bahan polyethylene terephthalate bisa menghalangi masuknya oksigen, air, dan karbon dioksida kedalam kemasan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian besar orang kerap menggunakan kemasan plastik untuk menyimpan bahan makanan dan minuman sehari-hari. Selain terkenal praktis, kemasan plastik juga memiliki harga yang lebih terjangkau dan tersedia dalam berbagai pilihan model sesuai dengan kebutuhan.
Meski begitu, tak semua jenis kemasan plastik aman digunakan, khususnya bagi makanan dan minuman. Kesalahan dalam memilih jenis kemasan plastik justru memicu berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Pelet Pelakor, Rebut Kembali Hati Suami Anda!

Untuk mengetahui tingkat keamanan dari kemasan plastik, Anda bisa melihat kode segitiga yang tertera di bagian bawahnya. Kode ini terdiri dari 7 macam yang terdiri dari PET atau PETE, HDPE, PVC atau V, LDPE, PP, PS, serta OTHER. Lantas, seperti apa penjelasan dari masing-masing kode tersebut? Berikut pembahasannya.

1. PET atau PETE
Kode yang pertama ini menunjukkan bahwa kemasan plastik terbuat dari bahan polyethylene terephthalate, yang berwarna jernih atau bening. Selain itu, bahan jenis ini memiliki permukaan yang halus, tidak mudah rusak, dan tahan pada suhu panas.

BACA JUGA:Hindari Kecelakaan, Ini Tips Aman Saat Membuka Pintu Mobil

Bahan polyethylene terephthalate bisa menghalangi masuknya oksigen, air, dan karbon dioksida kedalam kemasan. Oleh karenanya, bahan ini kerap digunakan pada kemasan minuman bersoda, air mineral, jus, obat kumur, saus, dan kecap.
Akan tetapi, kemasan plastik PETE hanya bisa digunakan sekali dan tidak dianjurkan untuk dipakai secara berulang. Pasalnya, bahan PETE bisa larut dalam air serta menimbulkan racun DEHA yang berpotensi menyebabkan gangguan hati, reproduksi, hormon, hingga memicu kanker.

2. HDPE
Jenis kemasan plastik yang kedua ini menggunakan bahan high-density polyethylene dengan ketahanan kimia yang baik. Itu berarti, kemasan plastik HDPE bisa digunakan secara berulang kali. Misalnya pada kotak makanan, galon isi ulang, botol minum, botol sampo, detergen, serta cairan pemutih sekalipun.

BACA JUGA:Tips Berkendara Agar Tidak Mengantuk, Boleh Minum Kafein Asalkan

3. PVC atau V
Bahan plastik PVC memiliki sifat yang fleksibel dan kaku. Pada PVC yang bersifat fleksibel biasanya digunakan sebagai kemasan penampung sampah medis, pembungkus daging, serta plastik penutup wadah makanan.  Sedangkan PVC yang bersifat kaku, lebih cenderung digunakan pada bahan bangunan, seperti pipa air atau pagar. Perlu diketahui bahwa PVC memiliki zat klorin yang sangat beracun bagi tubuh manusia, sehingga tak layak digunakan sebagai bahan baku kemasan plastik untuk makanan dan minuman.

4. LDPE
Jenis kemasan plastik ini terbuat dari low-density polyethylene dengan sifat yang keras, fleksibel, dan berwarna transparan. Kemasan plastik LDPE bisa digunakan sebagai kantong plastik belanja, kantong plastik sampah, tutup botol minuman, pelapis kertas karton susu, serta mainan.

BACA JUGA:Penting !!! Inilah Cara Tepat Menjaga Kesehatan Telinga

5. PP
PP atau polypropylene, merupakan jenis bahan plastik yang tahan pada suhu tinggi serta relatif aman digunakan pada makanan dan minuman. Misalnya pada botol susu anak, saus, obat, sirop, serta bungkus makanan.

6. PS
Kemasan plastik berbahan polystyrene ini juga dikategorikan sebagai bahan yang aman digunakan. Terutama dalam pembuatan cangkir, piring, mangkok, sendok, garpu, kontainer dan botol plastik.

7. Other
Jika kemasan plastik yang Anda gunakan berlabel Other di bagian bawahnya, maka kemasan tersebut tidak terbuat dari enam bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Ada empat jenis plastik yang termasuk dalam kategori ini, yaitu styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS), polycarbonate (PC), dan nilon. Melansir dari Kementerian Kesehatan RI, kemasan plastik dari bahan SAN dan ABS bisa digunakan sebagai pembungkus makanan dan minuman.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kanker dan Tumor Payudara

Sementara itu, bahan PC atau polycarbonate dilarang penggunaannya karena bisa memicu risiko kesehatan, seperti kanker, penyakit metabolik, hingga gangguan pertumbuhan anak. Itulah tadi pembahasan tentang arti dari 7 kode segitiga pada kemasan plastik, semoga bermanfaat!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: