Telinga Kemasukan Air? Ini Cara Ampuh dan Aman Mengatasinya

Telinga Kemasukan Air? Ini Cara Ampuh dan Aman Mengatasinya

Ilustrasi telinga kemasukan air-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika telinga kemasukan air, tidak boleh dibiarkan, karena dapat meningkatkan risiko infeksi saluran telinga. Lantas, bagaimana cara mengatasi telinga kemasukan air?

Salah satu caranya adalah dengan memiringkan kepala secara perlahan ke arah telinga yang kemasukan air. Hal ini bertujuan agar air dapat lebih mudah keluar dari telinga. Mari simak informasi lengkap mengenai cara mengatasi telinga kemasukan air melalui artikel di bawah ini.

Apakah Telinga Kemasukan Air Berbahaya?

BACA JUGA:Penting !!! Inilah Cara Tepat Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga kemasukan air merupakan kondisi yang tidak boleh dibiarkan. Pasalnya, jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, telinga kemasukan air dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan telinga, salah satunya adalah otitis eksterna (infeksi atau peradangan pada saluran telinga luar). Kondisi tersebut dapat menimbulkan gejala berupa :

- Telinga tampak kemerahan.

- Nyeri saat menarik daun telinga.

- Keluar cairan bening dari telinga.

- Gatal pada saluran telinga.

- Gangguan pendengaran.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Berbagai Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air yang Ampuh dan Aman

Apakah air yang masuk telinga bisa keluar sendiri? Umumnya, air yang masuk ke dalam telinga bisa keluar sendiri karena adanya gaya gravitasi. 

Namun, tak jarang pula air tersebut terjebak di dalam saluran telinga sehingga berisiko memicu peradangan dan infeksi. Lantas, apa yang harus dilakukan jika telinga kemasukan air?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: