Penting !!! Inilah Cara Tepat Menjaga Kesehatan Telinga

Penting !!! Inilah Cara Tepat Menjaga Kesehatan Telinga

Ilustrasi telinga sakit-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Telinga merupakan salah satu panca indera manusia yang memiliki peran penting dalam proses pendengaran manusia.

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk merawat dan menjaga kesehatan telinga sebaik mungkin. Namun, bagaimanakah cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pelindung telinga saat berada di lingkungan yang bising, seperti pabrik, bengkel kendaraan, dan lain-lain. Pasalnya, suara bising yang didengar secara terus-menerus dapat membuat kemampuan pendengaran menjadi berkurang.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga

Secara alami, kelenjar lemak (sebasea) dan kelenjar keringat memproduksi serumen atau kotoran telinga untuk melindungi telinga dari zat atau partikel asing, seperti debu dan kuman patogen yang dapat memengaruhi kemampuan pendengaran. 

Namun, produksi serumen yang berlebihan dan menumpuk justru bisa berdampak pada kualitas pendengaran seseorang. Sebagai upaya untuk menghindari kondisi tersebut, setiap individu dianjurkan untuk menjaga kesehatan telinga sebaik mungkin.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Selain itu, perlu dipahami pula bahwa menjaga kesehatan telinga menjadi hal yang penting dilakukan untuk menghindari gangguan pendengaran. Pasalnya, kemampuan pendengaran setiap manusia juga dapat menurun seiring dengan pertambahan usia.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Tepat dan Mudah Dilakukan

Terdapat sejumlah cara menjaga kesehatan telinga yang tepat dan mudah dilakukan, di antaranya adalah membersihkan telinga secara berkala dengan cara yang benar, tidak menggunakan earphone terlalu lama, menghindari paparan suara yang terlalu bising, memastikan telinga selalu dalam kondisi kering, serta melakukan pemeriksaan telinga secara rutin. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Membersihkan Telinga Dengan Benar

Cara menjaga kesehatan telinga yang pertama adalah dengan membersihkan telinga menggunakan metode yang tepat, seperti menggunakan obat tetes telinga atau minyak zaitun terlebih dahulu untuk melunakkan kotoran telinga. Setelah itu, biarkan kotoran telinga yang telah melunak tersebut untuk keluar dengan sendirinya.

BACA JUGA:Telinga Sering Berdengung? Mungkin ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: