Begini Cara Menolak Tanpa Merasa Bersalah

Begini Cara Menolak Tanpa Merasa Bersalah

ilustrasi sedih-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terkadang kita mau nolak ajakan, nolak permintaan tuh rasanya gak enakan dan kadang buat kita jadi serba salah, takut yang ditolak marah, kalau gak ditolak nanti urusan kita sendiri gak selesai, jadinya maju kena mundur kena.

Padahal menolak bukanlah suatu hal yang salah, menolak permintaan, menolak ajakan. Menolak itu adalah hak yang kita miliki.

Jangan karena kamu takut orang lain kecewa malah kamu yang memaksakan diri, menolak sangat manusiawi karena terkadang kita pun memiliki urusan kita sendiri.

BACA JUGA:Kebal Ilmu Santet, 5 Weton ini Pemilik Wahyu Paku Bumi

Agar menolak kamu dapat diterima dan tidak merasa bersalah, seorang psikolog bernama Muhammad Nur Firdaus membagikan trik buat kamu agar tidak merasa bersalah saat menolak ajakan seseorang.

1. Tolak dengan alasan yang jelas.

Menolak dengan alasan yang jelas membuat seseorang tersebut tidak berpikir negatif tentang kamu.

2. Tolak dengan kasih pilihan.

Kalau kamu memang gak bisa bantu pada hari itu atau jam tersebut, kamu bisa kasih pilihan ke dia atau memberikan opsi hari atau jam yang lainnya.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Parfum Non-Alkohol Terbaik dan Aman untuk Kulit

3. Ucapkan kata maaf

Gunakanlah kata maaf jika memang kamu gak bisa untuk membantu, karena dengan kata maaf ini bisa menandakan bahwa kamu itu peduli hanya saja waktu dan keadaan yang memang tidak memungkinkan untuk membantu saat itu.

4. Menolak itu bukan berarti kamu jahat

Menolak itu bukan berarti kamu jahat, kalau memang gak bisa gapapa, tolak aja. Tapi kalau memang bisa pada saat itu ya kamu bantuin , kamu berhak kok memilih untuk berkata iya atau tidak .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: