Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kanker dan Tumor Payudara

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kanker dan Tumor Payudara

Waspada rasa nyeri atau benjola di payudara-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apa yang Harus Dilakukan Jika Menemukan Benjolan di Payudara? Tak jarang perempuan merasa khawatir saat menemukan benjolan tidak biasa pada payudaranya. 

Sebab, hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya kanker payudara. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan pada payudara bersifat kanker atau ganas. Bisa saja benjolan ini bersifat jinak yang tidak berbahaya. Lantas, apa perbedaan tumor dan kanker payudara tersebut?

Perbedaan Tumor dan Kanker Payudara

Perbedaan tumor payudara dan kanker payudara dapat dilihat melalui beberapa aspek, yaitu dari kecepatan pertumbuhan, karakteristik benjolan, serta tekstur kulit di sekitar payudara. Berikut masing-masing penjelasannya :

BACA JUGA:Tumor Jinak atau Ganas? Coba Deteksi dengan Cara Ini

1. Dari Kecepatan Pertumbuhannya

Perbedaan tumor jinak payudara (fibroadenoma mammae/FAM, fibrokistik, dan kista payudara) dan kanker payudara yang pertama dapat dilihat dari kecepatan pertumbuhannya. Tumor adalah jaringan abnormal yang bersifat jinak sehingga tidak berkembang dengan cepat dan memiliki ukuran yang relatif sama dari waktu ke waktu. Berbeda dengan tumor jinak, kanker adalah tumor yang bersifat ganas sehingga dapat tumbuh secara agresif, bahkan bisa menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

2. Dari Gejalanya

Beda tumor payudara dan kanker payudara juga dapat diketahui melalui gejalanya. Selain teraba benjolan pada payudara, tumor jinak payudara biasanya tidak menimbulkan gejala khusus, sehingga cenderung tidak disadari oleh penderitanya. Bahkan, benjolan akibat tumor jinak payudara ini juga dapat mengecil atau menghilang dengan sendirinya.

BACA JUGA:Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tumor Dan Kanker

Di sisi lain, kanker payudara dapat menimbulkan gejala awal berupa perubahan ukuran, bentuk, dan tampilan payudara, keluarnya cairan dari puting, serta pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar ketiak.

3. Dari Rasa Nyerinya

Perbedaan tumor dan kanker payudara juga bisa dilihat dari ada atau tidaknya rasa nyeri saat benjolan tersebut dipegang. Umumnya, tumor jinak payudara menimbulkan rasa nyeri ketika diraba atau dipegang.

Berbeda dengan tumor jinak payudara, benjolan akibat kanker payudara sering kali tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun, jika kanker payudara telah menyebar dan menekan jaringan di sekitarnya, maka kondisi tersebut bisa menimbulkan gejala nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: