Kenali Ciri-ciri Penyakit Tumor dan Apa Penyebab Timbulnya Tumor

Kenali Ciri-ciri Penyakit Tumor dan Apa Penyebab Timbulnya Tumor

Ilustrasi penyakit tumor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama ini masih banyak dari kita masih awam mengenai penyakit tumor. Maka di artikel ini kita akan bahas apa itu penyakit tumor dan bagaimana mengenalinya.

Tumor adalah benjolan abnormal, yang muncul akibat adanya pertumbuhan sel-sel secara berlebihan di dalam tubuh. Benjolan ini dapat tumbuh pada bagian tubuh mana pun, seperti pada jaringan kulit ataupun organ dalam tubuh.

Benjolan atau sekelompok sel-sel tidak normal dengan konsistensi padat tersebut, bisa terbentuk di bagian mana saja dari tubuh. Benjolan ini terjadi karena adanya perubahan pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh yang berlangsung sangat cepat.

BACA JUGA:Para Pria, Waspadai 6 Jenis Penyakit Kanker Ini

Tumor atau neoplasma sering kali dikaitkan dengan kanker. Meski memiliki kemiripan, terdapat perbedaan tumor dan kanker yang bisa dilihat dari keganasannya. Tumor adalah benjolan abnormal yang bisa bersifat jinak, ganas, ataupun prakanker. 

Tumor jinak biasanya tumbuh lebih lambat dan cenderung tidak menyebar ke jaringan lainnya sehingga tidak membahayakan jiwa. Berdasarkan lokasi pertumbuhannya, Tumor jinak dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Fakta Kanker yang Sering Keliru

1. Adenoma (polip): Jaringan abnormal bertangkai yang sering kali tersusun atas sel epitel.

2. Fibroid uteri juga dikenal sebagai mioma uteri atau leiomioma: Merupakan tumor jinak yang berasal dari pertumbuhan otot polos dan jaringan ikat pada bagian luar ataupun bagian dalam dari dinding rahim.

3. Hemangioma: Tumor jinak yang terbentuk karena terdapat pertumbuhan pembuluh darah abnormal.

4. Lipoma: Tumor jinak yang terbentuk dari jaringan lemak di bawah kulit.

BACA JUGA:Perokok Aktif, Waspadai Kanker Mulut Akibat Rokok

5. Papiloma: Biasa disebut kutil, merupakan tumor jinak yang biasanya muncul karena infeksi HPV.

6. Osteoma: Tumor jinak pada tulang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: