Mobil Lemah di Tanjakan, Ini 6 Trik Mungkin Bisa Dipakai

Mobil Lemah di Tanjakan, Ini 6 Trik Mungkin Bisa Dipakai

Ilustrasi mobil sedang menanjak-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain sebagai pelumas pada komponen yang ada di dalam mesin, oli juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap dalam kondisi ideal. Oli mesin mobil sebaiknya dilakukan pergantian setiap 6 bulan sekali atau setiap menempuh jarak 10 ribu km, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu.

Semakin lama, maka oli mesin akan semakin mengental. Jika sudah mengental, selain kehilangan daya luasnya, oli juga tak akan mampu mendinginkan mesin yang berimbas suhu mesin menjadi terlalu tinggi atau overheat. Secara otomatis performa mesin akan menurun.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Cover Mobil, Selain Melindungi Goresan Juga Anti Maling

4. Membersihkan karburator atau injektor

Tak peduli apakah mobil Anda masih menggunakan karburator atau sudah menggunakan sistem injektor, Anda wajib membersihkannya sebelum melakukan perjalanan jauh, apalagi ditambah dengan medan menanjak. Jika karburator atau injektor pada mobil Anda bermasalah, maka sudah bisa dipastikan tenaga yang akan dihasilkan akan berkurang drastis.

5. Mengecek busi

Melakukan pengecekan pada busi menjadi cara mengatasi mobil yang sulit diajak jalan di tanjakan yang berikutnya. Seperti yang diketahui bersama, selain filter udara dan juga injektor atau karburator, pembakaran pada mesin mobil juga dipengaruhi oleh busi. Meski peran busi sangat vital, namun seringkali pemilik kendaraan mengabaikan kondisi busi pada mobilnya.

6. Jangan overload

Cara mengatasi mobil yang sulit diajak jalan di tanjakan yang terakhir adalah jangan overload. Semakin berat barang yang Anda bawa, maka akan semakin membebani mobil Anda untuk bisa menaklukkan tanjakan, karena mobil akan membutuhkan tenaga yang lebih besar lagi.

Sejatinya, kejadian mobil yang sulit jalan di tanjakan ini tak akan menjadi sebuah masalah besar, jika Anda rutin melakukan perawatan terhadap mobil tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika Anda malas untuk melakukan servis secara berkala, maka untuk bisa melahap jalan tanjakan dengan mulus bisa menjadi hal sulit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: