Tips Memancing di Kolam Pemancingan Agar Banyak Dapat Ikan

Tips Memancing di Kolam Pemancingan Agar Banyak Dapat Ikan

Ilustrasi ikan patin hasil pancingan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernah merasakan sulitnya mendapatkan ikan saat memancing? Belakangan memancing di kolam pemancingan menjadi aktivitas yang banyak dilakukan masyarakat untuk sekedar menyalurkan hobi.

Biasanya pemancing akan memberikan sejumlah uang kepada pengelola. Meski sebatas hiburan, jika tidak mendapatkan ikan, niat menghilangkan stres dengan memancing justru dapat membuat Anda stres.

Memancing di kolam pemancingan tentu mempunyai cara tersendiri. Bagi Anda yang gemar memancing, pastikan Anda mengetahui teknik dan cara memancing di kolam ikan supaya hobi berbayar Anda tidak sia-sia.

BACA JUGA:Oh Ini Mbak Taylor yang Lagi Trend di TikTok? Ternyata Penyanyi Terkenal

Pilih Reel dan Joran

Teknik atau cara memancing di kolam pemancingan yang perlu Anda perhatikan pertama adalah perhatikan pemilihan reel dan joran yang tepat. Sebagai penggulung dan penampung senar, reel dan joran mempunyai peran cukup besar dalam proses memancing.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil ikan yang maksimal, pilihlah komponen reel dan joran yang memiliki kekuatan sedang dengan panjang 2 meter. Spesifikasi seperti biasanya digunakan untuk jenis tangkapan ikan yang tidak terlalu besar. Namun, jika Anda memiliki postur tubuh yang tinggi, maka pilihlah ukuran joran yang lebih panjang dari tubuh Anda.

BACA JUGA:Keberuntungan Ada di 4 Shio Ini di Bulan Oktober 2023, Cek Keberuntunganmu!

Hal ini supaya Anda merasa nyaman saat menarik reel. Dalam prakteknya, penggunaan reel ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuka bail arm atau tempat untuk mengarahkan senar kemudian lempar umpan sesuai target yang dituju. Selanjutnya tutup kembali bail arm tersebut dan seterusnya sesuai dengan teknik yang digunakan. Mengingat Anda hanya memancing di kolam pemancingan, jadi Anda tidak perlu menggunakan reel dengan spesifikasi tinggi, seperti Reel BaitCasting dan Reel Trolling. Selain tidak begitu dibutuhkan, reel dengan spesifikasi dan kemampuan tinggi tersebut juga cukup sulit digunakan karena membutuhkan latihan dan pengalaman.

Gunakan Senar Pancing yang Baik

Selain reel dan joran, faktor lain yang turut menentukan keberhasilan saat memancing adalah pemilihan senar pancing yang tepat. Bahkan dalam beberapa teknik memancing, komponen ini dirakit sedemikian rupa supaya senar pancing tidak lecet saat keluar masuk spool atau ketika mendaratkan ikan. Pemilihan senar yang tepat memang masih menjadi perdebatan di kalangan mancing mania. Terlebih tidak adanya aturan atau petunjuk baku yang mengatur terkait hal ini.

BACA JUGA:Keberuntungan Ada di 4 Shio Ini di Bulan Oktober 2023, Cek Keberuntunganmu!

Namun, pedoman terbaik dalam menentukan senar pancing yaitu kembali kepada kebutuhan Anda. Anda bisa menggunakan prinsip penyesuaian terhadap piranti yang lain. Misalnya jika Anda menggunakan reel dan joran dengan kualitas yang cukup baik, maka sesuaikan jenis senar dengan kualitas yang sama. Sesuaikan pula senar pancing dengan besaran bobot ikan yang akan menjadi target Anda. Dengan prinsip tersebut setidaknya proses memancing Anda akan lebih aman. Umumnya, senar pancing yang banyak digunakan berjenis monofilament dengan bobot 2,7 hingga 5,4 kilogram dan panjang 2 meter. Jika ukuran ini sesuai dengan kebutuhan Anda,

Pilih Umpan yang Sesuai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: