Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengerem Motor Matic yang Benar

Jangan Sembarangan, Ini Cara Mengerem Motor Matic yang Benar

Ilustrasi mengerem motor -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selanjutnya, ialah dengan cara mempertahankan kecepatan yang sesuai dengan batas kecepatan yang ditetapkan. Jangan melebihi batas kecepatan dan selalu gunakan kendaraan dengan kecepatan yang stabil.

Hal ini akan membantu Anda untuk mengerem dengan lebih efektif dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sebaliknya, kecepatan yang tidak terkendali bisa membuat proses pengereman menjadi tidak stabil.

BACA JUGA:Motor Listrik Yadea T9, Baterai Canggih Harga Murah yang Dicari Banyak Orang

4. Kombinasikan Rem

Ketika mengerem motor, sebaiknya gunakan kedua rem secara bergantian atau bersamaan yaitu rem depan dan rem belakang. Pengereman menggunakan kedua rem dapat mempercepat proses pengereman dan membuat proses berhenti lebih stabil.

Kombinasi rem juga membuat tekanan rem terbagi secara merata dan menghindari terjadinya ban belakang terkunci dan mengalami selip. Hal ini juga membantu mencegah rem yang aus pada salah satu sisi saja.

5. Manfaatkan Rem Depan di Jalan Menurun

Saat mengerem motor matic di jalanan menurun, sebaiknya tekan handle atau tuas rem depan dengan lebih dalam dibanding handle rem belakang. Hal ini karena rem depan dapat menahan daya dorong motor ke depan.

Pasalnya, daya dorong motor ke depan saat melintasi jalan menurun memang lebih besar, sehingga dibutuhkan rem depan untuk menahan laju motor. Sedangkan rem belakang bisa difungsikan sebagai pengendali atau penyeimbang.

6. Hindari Pengereman Mendadak

Cara mengerem motor matic yang aman adalah dengan menghindari pengereman mendadak, terutama saat dalam kecepatan tinggi. Pengereman mendadak dapat menyebabkan roda terkunci dan motor kehilangan traksi atau daya cengkram.

Sebaiknya, gunakan rem secara perlahan dan bertahap dengan menekan rem secara perlahan dan kembali melepasnya dengan pelan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengerem secara efektif dan menghindari terjadinya pengereman mendadak.

7. Perhatikan Kecepatan dan Jarak

Terakhir, perhatikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan di depan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Sebaiknya, jangan terlalu mendekati kendaraan di depan Anda dan selalu jaga jarak yang aman saat berkendara. Jarak yang terlalu dekat membuat potensi tabrakan akibat pengereman mendadak juga semakin besar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: