Perokok Aktif, Waspadai Kanker Mulut Akibat Rokok

Perokok Aktif, Waspadai Kanker Mulut Akibat Rokok

Ilustrasi penyakit kanker mulut-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kanker mulut merupakan jenis Kanker yang menyerang jaringan di rongga mulut, seperti bibir, lidah, dan gusi. Penyakit ini dapat dipicu oleh berbagai faktor. Namun, salah satu yang harus diwaspadai khususnya bagi perokok aktif adalah Kanker mulut akibat rokok.

Rokok diketahui mengandung karsinogen dan zat berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel mulut sehingga meningkatkan risiko kanker. Mari simak penjelasan selengkapnya mengenai kanker mulut akibat rokok melalui ulasan di bawah ini.

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Fakta Kanker yang Sering Keliru

Mengenal Kanker Mulut

Kanker mulut adalah kondisi yang terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal pada jaringan epitel mukosa, seperti dinding mulut, bibir, lidah, gusi, hingga langit-langit mulut. Kanker mulut biasanya ditandai dengan munculnya luka yang tak kunjung sembuh pada jaringan-jaringan tersebut.

Sayangnya, hal ini sering kali disalah artikan sebagai sariawan biasa. Padahal, kondisi ini perlu ditangani dengan segera guna mencegah penyebaran sel kanker ke area sekitar rongga mulut, tenggorokan, dan area yang lebih jauh seperti kepala dan leher.

Waspadai Kanker Mulut Akibat Rokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, termasuk kanker mulut. Bahkan, perokok aktif memiliki risiko enam kali lebih tinggi terkena kanker mulut dibandingkan mereka yang bukan perokok aktif.

BACA JUGA:Mampu Mencegah Kanker! Ini Dia Khasiat Bawang Putih bagi Kesehatan Tubuh

Hal tersebut terjadi karena dalam asap rokok mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia yang mana setidaknya terdapat 250 jenis zat berbahaya, dengan lebih dari 69 jenis merupakan zat pemicu kanker. Sebagian besar kandungan zat tersebut berasal dari bahan utama rokok, yaitu tembakau.

Tembakau sendiri merupakan salah satu penyebab paling umum masalah gusi pada orang dewasa, sedangkan kebiasaan merokok dapat menyebabkan masalah gusi berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. Tidak hanya dalam bentuk rokok, mengunyah tembakau secara langsung dan membiarkannya di mulut dalam waktu lama juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut.

Kanker mulut akibat rokok perlu diwaspadai ketika muncul sejumlah gejala, seperti :

1. Rasa nyeri di mulut.

2. Sariawan yang tidak kunjung sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: