Polusi Udara, Waspada Risiko Kanker Paru-Paru

Polusi Udara, Waspada Risiko Kanker Paru-Paru

Polisi udara bisa jadi pemicu kanker paru-paru-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Polusi udara merupakan salah satu masalah lingkungan yang perlu diwaspadai, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan, salah satunya risiko kanker paru-paru. Lantas, adakah cara untuk menghindari risiko kanker paru-paru karena Polusi udara?

Polusi udara adalah pencemaran udara oleh partikel atau zat apapun yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan manusia, maupun organisme hidup lainnya. Bahkan, International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2013 menetapkan bahwa berbagai material yang terkandung dalam polusi udara merupakan zat yang diklasifikasikan sebagai karsinogen (zat pemicu kanker).

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Fakta Kanker yang Sering Keliru

Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Surgery juga membuktikan bahwa pencemaran atau polusi udara dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker paru-paru. Adapun jenis polusi udara yang dianggap sangat berpengaruh terhadap peningkatan risiko kanker paru-paru adalah particulate matter (PM) 2.5, yaitu partikel halus yang memiliki ukuran di bawah 2,5 mikrometer. Partikel tersebut biasanya ditemukan pada asap kendaraan bermotor.

Bila PM 2.5 terhirup dalam jangka waktu yang lama, partikel tersebut dapat menumpuk di dalam sistem pernapasan sehingga berisiko mengiritasi dan merangsang terjadinya mutasi sel di dalam paru-paru.

Bahkan, selain memicu kanker paru-paru, dampak polusi udara bagi kesehatan juga kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan jantung hingga stroke.

BACA JUGA:Para Pria, Waspadai 6 Jenis Penyakit Kanker Ini

Cara Menghindari Risiko Kanker Paru-Paru Karena Polusi Udara

Sebagai upaya pencegahan, berikut adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko kanker paru-paru karena polusi udara:

1. Menggunakan Masker saat Berada di Luar Ruangan

Cara meminimalkan risiko kanker paru-paru karena polusi udara yang pertama adalah dengan menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Pasalnya, masker dapat membantu menyaring berbagai kotoran dan polutan pada udara agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan masker berulang kali karena hal tersebut dapat mengurangi efektivitas lapisan masker dalam menyaring polutan dan melindungi tubuh dari paparan polusi udara.

2. Tidak Merokok dan Menjauhi Asap Rokok

Asap rokok merupakan salah satu jenis polusi udara yang perlu diwaspadai karena bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru. Maka dari itu, sebisa mungkin, segera hentikan kebiasaan merokok dan jauhi paparan asap rokok sebagai upaya melindungi diri dari risiko kanker paru-paru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: