Jaga Kesehatan Mata, Coba Rutin Konsumsi Makanan Ini

Jaga Kesehatan Mata, Coba Rutin Konsumsi Makanan Ini

Buah-buahan untuk kesehatan mata-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sama seperti alat indra lainnya, mata memiliki peran yang cukup signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu penting bagi Anda untuk selalu menjaga fungsinya tetap optimal, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan untuk kesehatan mata.

Beberapa dari Anda mungkin langsung tertuju pada wortel. Ya, memang betul. Sayuran oranye tersebut mengandung beta karoten yang bagus untuk kesehatan retina.

Namun, nyatanya masih banyak pilihan sayur dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi guna memelihara kesehatan mata. Apa saja itu? Intip daftarnya di bawah ini :

1. Sayuran Hijau

Rekomendasi makanan untuk menjaga kesehatan mata yang pertama adalah sayuran hijau.

BACA JUGA:Mata Merah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sayuran hijau diketahui memiliki berbagai macam nutrisi yang menyehatkan, di antaranya vitamin C dan vitamin E.

Dimana, kedua vitamin tersebut memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi mata.

Selain itu, kebanyakan sayuran hijau juga mengandung zat antioksidan, yaitu zeaxanthin dan lutein, sehingga dapat melindungi sel mata dari efek radikal bebas berlebih serta paparan cahaya biru (blue light).

Ada banyak sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata, seperti bayam, brokoli, kale, dan lain sebagainya.

2. Wortel

Mungkin Anda sudah sering mendengar makanan untuk kesehatan mata satu ini.

Wortel adalah sayuran berwarna oranye yang mengandung beta karoten. Dimana beta karoten ini merupakan nutrisi yang akan diubah menjadi vitamin A ketika sudah masuk ke dalam tubuh.

Seperti yang Anda ketahui, sudah cukup terkenal bahwa manfaat vitamin A salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: