Ternyata 7 Buah Ini, Bisa Membantu Meredakan Sakit Kepala

Ternyata 7 Buah Ini, Bisa Membantu Meredakan Sakit Kepala

Buah pereda sakit kepala-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sakit kepala bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Selain melakukan istirahat dan minum obat Sakit kepala. Dengan makan beberapa jenis buah untuk membantu menghilangkan kondisi ini lebih cepat lagi. 

Setidaknya ada tujuh pilihan buah yang bisa Anda coba sebagai pereda sakit kepala di rumah. Apa saja? Coba simak, rekomendasinya berikut ini :

1. Semangka

Semangka adalah buah untuk menghilangkan sakit kepala akibat dehidrasi. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain. Adapun buah semangka diketahui mengandung 92% air yang dapat mengembalikan kadar cairan tubuh.

BACA JUGA:Racikan Kopi Dicampur Kunyit dan Kayu Manis, Ini Dia Manfaatnya

Selain itu, semangka juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat untuk penderita sakit kepala, seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Pada penderita sakit kepala, kandungan magnesium sangat dibutuhkan. Pasalnya, kekurangan mineral ini kerap terkait dengan penderita sakit kepala dan disebut menjadi salah satu pemicunya.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda harus mengonsumsi buah penghilang sakit kepala ini dalam kondisi matang sempurna. Jangan makan semangka yang terlalu matang atau hampir busuk. Pasalnya dalam proses pembusukan, buah ini memproduksi zat buangan yang disebut tiramin. Tyramine berpotensi memicu sakit kepala migrain pada orang-orang yang sensitif.

2. Pisang

Pisang juga bisa Anda manfaatkan sebagai buah untuk menghilangkan sakit kepala, termasuk sakit kepala kluster. Pasalnya, buah pisang mengandung kalium yang tinggi. Adapun kalium dapat membantu mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang hilang saat mengalami sakit kepala akibat dehidrasi.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Memilih Celana Dalam yang Tepat untuk Menghadapi Musim Kemarau Panjang

Tak hanya itu, pisang juga diketahui mengandung magnesium, sehingga bisa meningkatkan kadar magnesium yang berkurang pada penderita sakit kepala. Satu buah pisang berukuran medium diketahui mengandung 32 mg magnesium. Selain pisang, magnesium yang tinggi juga terkandung di kacang almond, bayam, atau makanan pereda sakit kepala lainnya.

3. Alpukat

Selain pisang, buah dengan kadar magnesium yang tinggi juga ditemukan pada alpukat. Dengan demikian, buah ini bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk membantu menghilangkan sakit kepala.

Dalam satu porsi alpukat yang dipotong dadu diketahui mengandung 44 mg magnesium. Jumlah ini sekitar 11-15 persen dari kebutuhan magnesium harian Anda. Adapun jumlah magnesium harian yang direkomendasikan, yaitu sebesar 400-420 mg per hari pada pria dewasa dan 310-320 mg per hari pada wanita dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: