Penyakit Batu Ginjal, Pahami Ini Penyebabnya

Penyakit Batu Ginjal, Pahami Ini Penyebabnya

Cara mengenali penyakit batu ginjal-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sesuai dengan namanya, batu ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan terbentuknya objek asing menyerupai batu di dalam ginjal atau saluran kemih

‘Batu’ tersebut merupakan zat kimia, seperti asam urat, kalsium fosfat dan kalsium oksalat, yang mengkristal lalu mengeras seiring waktu.

Seseorang bisa saja tidak menyadari bahwa ia menderita batu ginjal sampai akhirnya timbul rasa nyeri di bagian pinggang.

Mengenal Penyakit Batu Ginjal

Istilah medis dari penyakit batu ginjal adalah nefrolitiasis atau urolitiasis. Sesuai dengan namanya, batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh mengerasnya kandungan garam dan mineral di dalam organ tubuh tersebut hingga berbentuk menyerupai batu.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Kenali Gejala Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya

Tidak hanya pada ginjal, endapan tersebut bisa terjadi di sepanjang saluran urine, seperti ureter (saluran yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran yang mengeluarkan urine dari tubuh).

Karena itulah, batu ginjal dapat terasa menyakitkan terutama saat penderitanya sedang buang air kecil.

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal adalah masalah pada organ ginjal yang disebabkan oleh tingginya kadar zat kimia pembentuk kristal dalam urine, yaitu asam urat, kalsium fosfat dan kalsium oksalat. Zat-zat ini sulit dihancurkan oleh cairan pada urine.

Apabila terus menumpuk, zat kimia tersebut dapat membentuk kristal yang menyerupai batu.

Selain itu, terbentuknya batu ginjal juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat yang mencegah pembentukan kristal dalam urine.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Ginjal, Bisa Lakukan Diet Sehat Berikut

Di samping itu, ada faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Faktor risiko dari munculnya penyakit batu ginjal adalah sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: