Perpustakaan Universitas Bengkulu dan Onschool Indonesia Siap Sambut Program Inovatif dari Perpusnas RI

Perpustakaan Universitas Bengkulu dan Onschool Indonesia Siap Sambut Program Inovatif dari Perpusnas RI

Foto Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu bersama Onschool Indonesia dan Penyelenggara serta Pemateri Writtingthon Perpusnas RI 2023-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COMOnschool Indonesia bersama Perpustakaan Universitas Bengkulu serta Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mempersembahkan Workshop Literasi Terapan dan Inklusif Gerakan Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Masyarakat, yang juga disebut sebagai "Writingthon Festival" Program ini bertujuan untuk mewujudkan edukasi dan diversifikasi layanan perpustakaan melalui gerakan sosial berbasis inklusi sosial. Upaya ini dilakukan dengan fokus meningkatkan kemampuan literasi dan ekonomi masyarakat, khususnya di kalangan Civitas Akademi.

Program Literasi Terapan dan Inklusif ini dirancang untuk menggali dan mengembangkan potensi dalam Literasi Digital, terutama di kalangan civitas akademi dan masyarakat umum. Salah satu tujuan utama dari program ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mereka yang sering menghasilkan tulisan akademis, ilmiah, dan jurnal, seperti laporan penelitian, skripsi, disertasi, tesis, makalah, dan artikel.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Beasiswa S1 ke Kanada 2024, Kuliah Gratis Hingga Lulus

Seringkali, hasil karya tulis ini hanya tersedia secara terbatas dan terbatas pada lingkup akademis, sehingga potensinya untuk menjadi sumber daya yang lebih luas terbatas. Melalui Program Literasi Terapan dan Inklusif ini, upaya akan dilakukan untuk mengubah karya-karya akademis ini menjadi buku populer yang mudah diakses oleh masyarakat umum. Hal ini bertujuan agar karya-karya tersebut tidak hanya memenuhi persyaratan akademis, tetapi juga bisa digunakan sebagai buku pegangan, referensi, serta panduan awal untuk berbagai kegiatan.

Kegiatan ini akan diselenggarakan di Perpustakaan Universitas Bengkulu dan dihadiri oleh berbagai perwakilan organisasi, instansi, dan komunitas di Bengkulu. Program ini diharapkan dapat menciptakan sebuah ekosistem literasi yang inklusif, di mana kemampuan literasi digital dapat meningkat, dan karya-karya tulis yang berharga dapat diakses oleh masyarakat luas.

Perpustakaan Universitas Bengkulu bersama dengan Civitas Akademi dan masyarakat secara keseluruhan berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif ini dan melihat hasil nyata dari transformasi literasi yang inklusif.

BACA JUGA:Implementasi Ilmu Wirausaha, Ratusan Mahasiswa Ikuti Seminar Kewirausahaan Jurnalistik

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, Dr. Alfarabi juga menyampaikan kebanggaannya atas ditunjuknya Bengkulu terutama UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu sebagai salah satu tuan rumah roadshow menulis writtingthon festival tahun 2023. UPT Perpustakaan juga siap mengawal keberlanjutan program workshop ini yang tentunya akan menghasilkan karya tulis dari setiap peserta nantinya.

CEO Onschool Indonesia, Dani Fazli yang sekaligus Duta Baca UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu juga berharap melalui program roadshow menulis ini akan semakin meningkatkan semangat generasi muda untuk berkolaborasi dan aktif dalam kegiatan kepenulisan baik tingkat regioal ataupun tingkat nasional.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: