Agar Diberi Kemudahan dan Ilmu Menjadi Berkah, Amalkan Doa ini Sebelum Belajar

Agar Diberi Kemudahan dan Ilmu Menjadi Berkah, Amalkan Doa ini Sebelum Belajar

amalan doa--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Sebelum memulai belajar kita, sejak masa kecil, kita sebagai umat Islam telah diajarkan untuk mengenal doa sebelum memulai belajar.

Doa sebelum belajar adalah amalan yang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh setiap muslim yang ingin memulai perjalanan belajar untuk mencari ilmu.

Dalam doa sebelum memulai proses belajar untuk mengejar ilmu, sebagai umat Islam, kita harus memiliki keyakinan dan harapan bahwa Allah SWT akan memberikan kemudahan dan keberkahan dalam upaya kita tersebut.

BACA JUGA:Mau Sukses dan Banyak Rezeki? Minta Doa Kedua Orang Tuamu

BACA JUGA:Doa Meminta Sembuh dari Sakit, Berikut Cara Mengamalkannya

Hukum menuntut ilmu bagi seorang Muslim adalah wajib, sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al Mujadila ayat 11.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

"Yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr,".

Artinya:

"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,".

Selain itu, kewajiban menuntut ilmu juga diterangkan dalam sejumlah hadis, seperti hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang artinya:

"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim,".

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah doa yang bisa kita amalkan sebelum belajar agar diberi kemudahan dan keberkahan Ilmu.

BACA JUGA:Selain Kerja Keras, Amalkan Doa Ini Sebelum Subuh, InsyaAllah Kaya Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: