Berapa Besar Bunga Pinjaman Paylater? Simak Perbandingan Bunga Penyedia Paylater Berikut ini

Berapa Besar Bunga Pinjaman Paylater? Simak Perbandingan Bunga Penyedia Paylater Berikut ini

Perbedaan sejumlah paylater di Indonesia-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perlu diketahui bahwa paylater merupakan layanan untuk menunda pembayaran atau berutang yang wajib dilunasi kemudian hari.

Sebagai fasilitas pinjaman, Paylaterpun juga terdapat bunga yang dibebankan kepada penerima pinjaman. 

Dewasa ini layanan buy now pay later (BNPL) atau paylater kian menggeliat. Hal ini juga dengan hadirnya dan ikutnya perbankan besar di Indonesia  yang menyediakan layanan Paylater seperti MyBCA dan Livin' Mandiri.

Dengan kehadiran Bank-bank tersebut yang mulai merambah bisnis paylater, sehingga semakin menambah peta persaingan di bisnis fasilitas kredit ini.

Masing-masing platform layanan Paylater tersebut tentunya juga memiliki nilai bunga pinjaman yang berbeda-beda. 

BACA JUGA:Awas! Ketagihan Pakai Paylater Bisa Jadi Bencana

Di sini akan kita ulas mengenai berapa besaran bunga yang diberikan platform kepada si peminjam yang diambil dari beberapa sumber. Simak berikut ini: 

1. Shopee Paylater

Bunga Shopee PayLater minimal 2,95 persen untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yang diselesaikan dalam waktu 1 bulan. Sementara untuk program cicilan, bunga yang ditentukan akan disesuaikan dengan jangka waktu cicilan, yakni tiga, enam, dan 12 bulan.

Selain itu, di Shopee PayLater juga berlaku biaya penanganan sebesar 1 persen. Sehingga, contoh perhitungannya, bila A membeli barang seharga Rp 100.000, ketika ia memilih opsi PayLater 1 bulan, maka saat jatuh tempo harga yang harus dibayarkan untuk barang tersebut adalah sebesar Rp 103.950. 

Shopee PayLater juga menjatuhkan denda bagi pengguna yang telat membayar tagihan. Denda Shopee PayLater ditentukan sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan.

BACA JUGA:Paylater Makin Menggeliat, Ini Aplikasi 5 Bank yang Kini Punya Fasilitas Paylater

Misalnya saja, total tagihan adalah sebesar Rp 100.000, maka total tagihan yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 105.000. Jumlah tersebut akan terus meningkat setiap bulannya.

2. GoPay Later

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: