Agar Bisa Investasi, Begini Tips Atur Gaji dengan Rumus 50:30:20

Agar Bisa Investasi, Begini Tips Atur Gaji dengan Rumus 50:30:20

Perlu kamu ketahui sebenarnya ada banyak sekali metode dalam mengatur keuangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan rumus 50:30:20--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam mengatur keuangan tidak jarang menjadi topik yang cukup rumit dan akhirnya membuat malas dan tidak perduli akan arus keuangan yang akan terjadi. Padahal dengan mengatur keuangan agar tetap sehat sangatlah berguna untuk masa depan.

Kita harus benar-benar pintar dalam mengatur gaji dan pendapatan yang kita miliki agar dapat mencukupi semua kebutuhan hingga bisa investasi. Nah, buat kamu yang belum tahu rumus mengatur keuangan, simak semua penjelasan berikut ini.

BACA JUGA:Banyak Semut di Rumah, Pertanda Apa Ya!

Rumus Gaji 50:30:20

Perlu kamu ketahui sebenarnya ada banyak sekali metode dalam mengatur keuangan. Salah satunya adalah dengan menggunakan rumus 50:30:20 ini. Dimana gaji dan pendapatan kamu akan dipecah menjadi tiga bagian seperti berikut ini.

50% untuk kebutuhan sehari-hari

Kamu bisa sisihkan 50% gaji dan pendapatan untuk kebutuhan pokok dan sehari-hari terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa contoh pengeluaran penting yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

BACA JUGA:Sabtu Legi: Selalu Pentingkan Kualitas tapi Omongan Sedikit Tajam

  • Kebutuhan makan bulanan
  • Belanja bulanan
  • Tagihan bulanan

Kamu harus merinci pengeluaran tadi dengan secara detail dan jangan sampai ada yang terlewat. Dengan cara seperti ini kamu bisa mengecek seluruh pengeluaran penting agar tidak membengkak.

30% untuk keinginan dan bayar utang

Nah, untuk rumus ini kamu harus bisa konsisten agar tidak membengkak. Setelah semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi, selanjutnya kamu harus alokasikan untuk kebutuhan sekunder dan membayar utang. Ingat kita tidak boleh berhutang melebihi 30% dari total pendapatan yang kita miliki. Berikut ini adalah beberapa contoh kebutuhan sekunder:

BACA JUGA:Ratu Pawon Kidul Teko, Weton Wadon Ngrejekeni Suami Sugih Tanpa Susah Payah

  • Hobi dan liburan
  • Belanja pakaian
  • Biaya nongkrong atau hangout
  • Biaya langganan untuk hiburan (Netflix, WiFi, Spotify, dll)
  • Tagihan kredit motor atau mobil
  • Tagihan KPR
  • Tagihan kartu kredit
  • Pinjaman lainnya

Idealnya, 30% dari gaji bulanan ini dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting dan pembayaran utang yang sedang berjalan. Jadi, pastikan alokasi gaji tidak melebihi 30% apabila hanya digunakan untuk hiburan atau membayar cicilan/utang yang berlebih. Usahakan agar tidak memebeli barang-barang tidak penting dan berutang dengan bijak sesuai dengan kebutuhan. Gunakan kartu kredit dengan bijak dan hanya mengambil pinjaman atau kredit apapun sesuai dengan kemampuan bayar serta untuk tujuan produktif.

BACA JUGA:WOW! Zodiak ini Terlahir dengan Keberuntungan yang Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: