Serius, Hyundai Fokus di Pasar Mobil Listrik Indonesia

Serius, Hyundai Fokus di Pasar Mobil Listrik Indonesia

Mobil listrik Ioniq 5-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski bukan menjadi pionir keberadaan dan perkembangan mobil listrik di Indonesia. Tapi Hyundai menjadi salah satu pabrikan yang cukup bisa berbicara banyak di pasar kendaraan listrik. 

Setidaknya, pabrikan asal Korea Selatan ini, memiliki dua mobil bertenaga baterai di Tanah Air, yaitu Ioniq 5 dan Ioniq 6.

Hyundai juga sudah memproduksi mobil listrik secara lokal, yaitu untuk Ioniq 5. Selain itu, produsen Negeri Ginseng ini tengah menyiapkan fasilitas perakitan baterai dan juga aktif membangun fasilitas pengisian daya di dalam negeri.

"Hyundai mungkin bukan pionir, tapi Hyundai paling serius untuk meng-handle electric car di Indonesia," jelas Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer HMID.

BACA JUGA:Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik dan Mobil Plug-in Hybrid

Pria yang akrab disapa Frans ini mengungkapkan, pihaknya memang paling serius bertarung di pasar mobil listrik nasional. Alasan pertama, pihaknya membangun jaringan pengecasan mobil listrik.

Hal tersebut, juga sebagai langkah untuk setidaknya mengurangi permasalahan peralihan dari mobil bertenaga bensin ke listrik.

"Konsumen juga bingung, kalau ada produknya tidak bsia ngecas. Dulu kecemasannya seperti itu. Produsen juga takut ngasih produk, tapi ngecasnya di mana?," tegas Frans.

Bekerja Sama dengan Area Publik

Untuk menjawab kecemasan para konsumen tersebu. Saat ini Hyundai sendiri tengah sibuk melakukan kerja sama dengan area publik, untuk membangun hampir 300 unit pengisian baterai.

BACA JUGA:Dukung Mobilitas Berkelanjutan, Mobil Listrik Terlaris Wuling Air ev Punya 3 Varian

"Yang pasti, nantinya di setiap dealer kita sudah ada ada charging station," tambah Frans.

Terakhir, Hyundai juga sudah menghabiskan investasi sebesar US$ 1,5 miliar, untuk membangun pabrik perakitan kendaraan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan, hadirnya mobil keluaran Hyundai seperti, Stargazer, Stargazer X, Creta, Santa Fe dan Ioniq 5 yang telah diproduksi di dalam negeri.

Kemudian, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution juga telah membuat pabrik perakitan baterai dengan perusahaan baru PT HLI Green Power. Diharapkan, fasilitas perakitan baterai ini, bisa beroperasi pada April 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: