5 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat pada Wajah

5 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat pada Wajah

Bila Anda memiliki aktivitas harian yang berat, jangan lupa untuk membersihkan wajah. Hal ini bertujuan agar keringat dan sel kulit mati tidak menumpuk dan memicu biang keringat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Biang keringat atau dalam istilah medis disebut miliaria, merupakan ruam kecil berwarna kemerahan yang menonjol, terasa gatal, dan perih di kulit. Kondisi medis ini biasanya terjadi pada bayi dan balita karena pengaturan suhu tubuhnya belum sempurna. Namun, masalah kulit yang satu ini juga terjadi pada orang dewasa, terutama pada bagian wajah.

BACA JUGA:Pati Geni! Ritual Jawa yang Dipercaya Bisa Membuat Wanita Tergila-gila

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya biang keringat pada orang dewasa. Mulai dari pengaruh cuaca yang panas atau lembap, melakukan aktivitas berat, serta penumpukan sel kulit mati. Lantas, bagaimana cara menghilangkan biang keringat ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima di antaranya.

1. Mengatur Suhu Ruangan

Suhu ruangan yang terlalu tinggi akan meningkatkan produksi keringat dengan cepat. Akibatnya, keringat bisa terjebak dan menyumbat pori-pori kulit hingga memicu peradangan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur suhu ruangan tetap rendah dengan menggunakan AC atau kipas angin sehingga produksi keringat bisa kembali stabil dan biang keringat bisa dicegah.

BACA JUGA:Waspadai Pemilik Weton Ini, Mereka Punya Aura Kesaktian Tiada Tanding

2. Rutin Membersihkan Wajah

Bila Anda memiliki aktivitas harian yang berat, jangan lupa untuk membersihkan wajah. Hal ini bertujuan agar keringat dan sel kulit mati tidak menumpuk dan memicu biang keringat. Gunakan pula air hangat saat membasuh wajah agar pori-pori kulit bisa melebar dan semua kotoran bisa terangkat dengan maksimal.

3. Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki senyawa aktif yang dapat membantu meredakan peradangan sekaligus mencegah timbulnya infeksi pada kulit, termasuk biang keringat. Di samping itu, masker lidah buaya juga bisa membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri akibat biang keringat.

BACA JUGA:Daftar Pinjol dengan Tenor Paling Lama dan Legal OJK, Banyak Dicari Sesuai Kemampuan

4. Hindari Produk Kosmetik yang Bisa Menyumbat Pori-pori

Berdasarkan studi ilmiah dari jurnal Archives of Clinical and Experimental Dermatology menyebutkan bahwa kosmetik dengan kandungan comedogenicity dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Produk dengan comedogenicity yang tinggi terdapat pada produk yang mengandung bahan SLS (sodium lauryl sulphate), seperti pada sabun mandi, sampo, atau deterjen. Oleh karenanya, Anda perlu menghindari kosmetik, skincare, dan produk perawatan tubuh lainnya yang menggunakan bahan tersebut.

BACA JUGA:Ini Cara Mengaktifkan DANA di Lazada, Belanja Jadi Makin Hemat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: