BRI Gandeng PNPM

BRI Gandeng PNPM

\"bri\"BENGKULU, BE -  Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bengkulu akan mengandeng program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Kota Bengkulu. Hal ini berawal saat salah seorang anggota PNPM yang ingin mengembangkan usahanya dengan mengajukan KUR kepada BRI.

\"Kerjasama ini sangat bagus dan memiliki prospek cerah kedepannya,\" terang PPK PNPM Kota Bengkulu, Faizal Rozi. Awalnya anggota PNPM dibantu untuk mengembangkan usahanya sebesar  Rp 2 juta. Namun seiring perkembangan waktu dan usaha yang dimiliki anggota PNPM membutuhkan dana yang lebih besar untuk mengembangkan usaha setiap anggotanya.

Ketika salah seorang anggota mengajukan pinjaman ke BRI dan berhasil,  ia berinisiatif untuk mengajak semua anggota PNPM Kota Bengkulu untuk mengembangkan usahanya dengan bantuan KUR dari BRI.\"Bukti keberhasilan dari anggota kita melalui KUR BRI sudah ada dan hal ini bisa diikuti anggota lainnya,\" jelasnya.

Untuk lebih mengenalkan program KUR dari BRI tersebut, diadakan sosialisasi di kantor Koordinator PNPM Kota Bengkulu, kemarin. Sosialisasi tersebut dihadiri seluruh perwakilan dari 67 Badan  keswadayaan masyarakat yang merupakan bagian dari PNPM yang jumlahnya mencapai ratusan orang. \"Sosialisasi ini masyarakat akan lebih mengenal dunia perbankan khususnya BRI. Kita memberikan kebebasan kepada anggota kita untuk bertanya kepada BRI baik tentang KUR maupun produk lainnya,\" paparnya.

Sementara itu kegiatan sosialisasi yang diadakan PNPM Kota Bengkulu ini disambut dengan baik oleh BRI cabang Bengkulu. KUR adalah salah satu kredit yang dikucurkan BRI dengan nilai maksimal Rp 20 juta. Dalam pengajuan KUR ini nasabah tidak memerlukan agunan,  namun persyaratannya hanya kartu keluarga, KTP dan surat keterangan usaha dari kelurahan, dengan usia usaha minimal 6 bulan. Jika  anggota PNPM Kota Bengkulu ingin terus mengembangkan usahanya BRI akan siap membantu dengan menyalurkan kredit diatas Rp 20 juta. \"Kita akan siap membantu masyarakat khususnya anggota PNPM. Jika dengan kredit KUR ini berhasil dan ingin terus mengembangkan usahanya BRI siap membantu dengan KUPEDES yang nilai kreditnya hingga RP 100 juta,\" jelas Asisten Manager Bisnis Mikro Maman Suhendarman. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: