Payung Hukum Samisake

Payung Hukum Samisake

\"Helmi.jpg\"RATU SAMBAN, BE - Program satu miliar satu kelurahan (Samisake)   yang akan dilaunching pada bulan Agustus mendatang, terus dimatangkan.  Saat  ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu tengah menyusun draft payung hukumnya, tanpa harus mengubah RPJMD.

Kepala Bappeda Kota Bengkulu, Dr. Fitriani AP, MSi menuturkan, payung hukum  tidak akan mengubah RPJMD, karena dalam RPJMD  juga  tercantum pemberdayaan perekonomian yang selaras dengan program Samisake ini. Dan  merealisasikan program tersebut, saat  ini tim tengah membentuk draf  payung hukum  diberlakukannya  Samisake.  Draf payung hukum itu bisa berupa Peraturan Daerah ataupun Peraturan Walikota (Perwal), dan terus diformulasikan.

Untuk tahun pertama, kata Fitri, anggaran Samisake dianggarkan melalui  pembiayaan APBD senilai Rp 19 miliar,  juga ditambah Rp 3 miliar dari hibah kerjasama dengan P2KP mandiri perkotaan.

Sebelum anggaran itu dikucurkan,  pemerintah daerah terlebih dahulu membuat kajian, seperti  pengelompokan potensi di masing-masing kelurahan  yang akan dijadikan program unggulan, dan setiap kelurahan akan berbeda.  Kemudian  akan data dan dikelompokan masing-masing kelurahan,\" Kelompok ini diharapkan orang-orang yang benar-benar ingin berusaha,  jangan sampai bantuan ini habis begitu saja tanpa adanya pertanggungjawaban,\" katanya.

Para  kelompok Samisake,  lanjut Fitri  akan diverifikasi  layak tidaknya menerima bantuan itu, dan karena  tahap awal hanya 19 miliar maka tidak semua  kelurahan mendapatkan  bantuan penuh satu miliar, tetapi akan  akan dilihat dari  potensi  unggulan  di kelurahan.   \"Satu miliar satu kelurahan diberikan pada kelurahan yang siap dalam prioritas unggulan dan ini akan  berlangsung lima tahun, dengan total  Rp 67 miliar akan dikucurkan selama lima tahun,\" katanya.

Fitriani meminta pada media untuk tidak memberikan pemahaman sesat terhadap Samisake.  \"Samisake itu bukan untuk lima tahun, namun awalnya dianggarkan 19 miliar, kemudian  67  kelurahan akan dikucurkan sebanyak 67 miliar,  dengan program unggulan kelurahan masih dalam pembahasan \" katanya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: