Pelayanan BPJS Kesehatan, Kini Ada Loket Layanan Informasi dan Portal Ouick Response di Tiap Rumah Sakit

Pelayanan BPJS Kesehatan, Kini Ada Loket Layanan Informasi dan Portal Ouick Response di Tiap Rumah Sakit

Kepala BPJS cabang Bengkulu, Mahyuddin SE, AAAK saat melaunching loket POROS di RS Gading Medika, Jumat (29/09/2023)-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenakan inovasi terbaru mealui Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Guick Response (POROS). 

Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit. 

Untuk di Bengkulu, Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Guick Response dilaunching langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Mahyuddin SE, AAAK bersama jajaran manajemen rumah sakit Gading Medika di gedung utama RS Gading Medika, Jumat (29/09/2023).

Mahyuddin SE, AAAK mengatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2014, Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. 

BACA JUGA:14.600 Warga Bengkulu Dinonaktifkan dari BPJS Kesehatan, Ternyata ini Alasannya

Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan. 

"Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," jelasnya.

"Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP)," tambahnya.

BACA JUGA:Jangan Khawatir ke Dokter Gigi, Ini 7 Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Untuk peluncuran program layanan ini pun terpusat di RSUP Dr. Sardjito, Jumat (29/09). 

Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit. 

"Nantinya di loket ini, peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan informasi apapun terkait pelayanan BPJS. Harapan kami mutu layanan yang diterima oleh peserta ini meningkat. Mengingat masih banyak peserta yang kesulitan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan saat berada di rumah sakit,” kata Wahyudi.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Ouick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. 

Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: