Tak Perlu Hapus Aplikasi Jika Memori Android Anda Penuh, Berikut Caranya

Tak Perlu Hapus Aplikasi Jika Memori Android Anda Penuh, Berikut Caranya

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebanyakan para pengguna ponsel Android akan menghapus banyak aplikasi saat tahu memori ponselnya penuh. Namun mereka tidak menghapus data dan ikon aplikasi masih terlihat di tray aplikasi. 

Menindaklanjuti hal tersebut, Google memberikan solusi untuk pengguna yang kehabisan memori ponselnya. Mereka cukup mengarsipkannya, tidak perlu lagi menghapus banyak aplikasi sekaligus.

Beberapa waktu lalu dilaporkan Google meluncurkan fitur baru di Google Play Store. Fitur tersebut akan mendeteksi aplikasi yang jarang digunakan dan mengarsipkannya saat memori akan habis.

Keberadaan tools bernama 'Automatically archive apps' dilaporkan oleh tipster AssembleDebug di akun X. Opsi disebut telah tersedia bagi semua pengguna Android di Play Store, dikutip dari Android Central, Selasa (26/9/2023).

BACA JUGA:Mengunggulkan Desain Layar Lengkung 6,78 Inci, Vivo T2 Pro 5G Segera Meluncur, Segini Harganya

Dengan cara ini pengguna tak perlu lagi menghapus pemasangan (install) aplikasi di dalam HPnya. Namun hanya perlu mengarsipkannya dan disebut akan dilakukan secara otomatis.

Sebelumnya, Google dilaporkan memberikan syarat untuk menggunakan fitur ini. Fitur hanya akan tersedia bagi ponsel dengan penyimpanan sangat rendah.

Namun nampaknya Google berubah pikiran. Perusahaan tidak hanya menyediakan fitur untuk HP dengan memori kecil, tetapi tersedia bagi seluruh pengguna.

Untuk melakukannya, pengguna masuk ke dalam Play Store. Lanjutkan dengan membuka menu Settings > General > Automatically archive apps.

BACA JUGA:Hanya 2 Jutaan, Vivo V20 Dibekali Teknologi Canggih Snapdragon 720G dan RAM 8GB

Setelah opsi itu diaktifkan, aplikasi akan diarsipkan. Ini dilakukan terlepas dari penyimpanan yang tersedia di dalam ponsel.

Itulah cara agar memori ponsel android tidak penuh tanpa harus menghapus aplikasi-aplikasi yang ada. Selamat mencoba semoga bermanfaat. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: