Peringati HSN ke-26, Puluhan Wartawan Ikuti Workshop BPS Bengkulu

Peringati HSN ke-26, Puluhan Wartawan  Ikuti Workshop BPS Bengkulu

Puluhan wartawan Bengkulu ikuti workhsop BPS Provinsi Bengkulu-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Puluhan wartawan dari berbagai media baik elektronik, cetak maupun online dan radio di Provinsi Bengkulu, Senin (25/9/2023) mengikuti workshop yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu.

Workshop yang digelar ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Statistik Nasional (HSN) ke 26 tahun 2023, yang jatuh pada hari Selasa besok (26/9/2023).

Dikatakan Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Win Rizal, melalui kegiatan workshop wartawan ini, diharapkan ragam data yang dihasilkan oleh BPS dapat dimaknai dengan baik serta tersampaikan secara lebih luas melalui goresan tinta rekan-rekan wartawan.

Sehingga terciptanya kesadaran akan pentingnya data statistik sebagai dasar argumentasi dan dalil berfikir secara ilmiah pada masyarakat terus meningkat di tengah gempuran berita-berita hoaxs yang sulit untuk dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BACA JUGA:Arif Gunadi Resmi Dilantik Pj Walikota, Siap Lanjutkan Program Helmi-Dedy

"Workshop ini bagian dari literasi statistik yang dilakukan BPS terhadap rekan wartawan. Kita tahu bahwa selama ini, rekan wartawan hanya mendapatkan informasi saja tetapi untuk proses bagaimana inflasi itu dikumpulkan dan perhitungan lainnya itukan tidak tahu. Maka hal-hal seperti itu yang akan kita sampaikan pada rekan wartawan di Bengkulu agar paham dengan prosesnua juga," ungkap Win Rizal, pada bengkuluekspress.com.

Ditambahkan Win Rizal, dalam workshop ini akan ada materi yang nantinya akan disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Tak hanya materi saja, para wartawan juga dapat bertanya dan berdiskusi lebih dalam terkait materi yang dipaparkan nantinya.

BACA JUGA:Mengunggulkan Desain Layar Lengkung 6,78 Inci, Vivo T2 Pro 5G Segera Meluncur, Segini Harganya

"Semoga workhsop ini dapat memberikan input yang berarti bagi perkembangan literasi statistik di daerah kita dan tentunya dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap data statistik untuk bersama-sama kita sebarkan guna mewujudkan Indonesia Maju, khususnya Bumi Rafflesia yang kita banggakan ini," pungkas Win Rizal.

Adapun materi-materi yang diberikan dalam workshop wartawan dalam rangka hari statistik nasional ke-26 tahun 2023 ini diantaranya, pembinaan statistik sektoral yang disampaikan oleh Yosep Oktavianus Sitohang, selaku Statistik Ahli Madya, BPS Provinsi Bengkulu.

Lalu ada materi terkait inflasi yang disampaikan oleh Budi Hardiyono selaku Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Bengkulu. Kemudian materi tentang pertumbuhan ekonomi yang disampaikan oleh Teuku Fahrulriza selaku Fungsional Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Bengkulu.

Serta materi tentang kemiskinan dan penganguran Provinsi Bengkulu yang disampaikan oleh Eko Fajariyanto selaku Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Bengkulu.

Selain puluhan wartawan, workshop BPS Provinsi Bengkulu ini juga diikuti oleh  para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di PTS maupun PTN di Bengkulu. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: