Mantan Tentara Dibekuk Polisi

Mantan Tentara Dibekuk Polisi

\"tentra\"CURUP, BE -  Satuan Narkoba Polres Rejang Lebong (RL) akhirnya berhasil mengamankan mantan anggota TNI berinisial SP (40), warga Jalan Purwodadi Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan, Rejang Lebong.

SP menjadi target operasi polisi paska penangkapan terhadap seorang kurir ganja berinisi AG (22) warga Kabupaten Kepahiang bersama 1 kg ganja di Desa Sumber Bening, awal Maret 2013 lalu.

AG mengaku hanya sebagai kurir yang ditugaskan oleh SP menjemput dan mengantarkan ganja dari wilayah Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Pada saat diamankan, SP sedang bersama seorang teman perempuannya berinisial Sa (25) di pondok kebun Danau Wisata Suro Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang, Rabu (20/3) sekitar pukul 17.15 WIB.

\"Kita sudah melakukan upaya pencarian terhadap SP, bahkan melakukan penggerebekan terhadap kediaman SP di Kelurahan Tempel Rejo,\" ungkap Kapolres RL, AKBP Edi Suroso SH melalui Kasat Narkoba, AKP Darwin Tampubolon SH.

Meski tidak memegang barang bukti ganja, mantan TNI itu tidak bisa mengelak. Pasalnya beberapa pelaku yang ditangkap sebelumnya mengaku sebagai anak buah SP.

Sebelum berhasil menangkap SP di Danau Wisata Suro, petugas sempat mengamankan 7 orang remaja di kediaman SP sekitar pukul 14.30 WIB.

Satu diantaranya anak kandung SP berinisial Eg (16). Eg bersama rekan-rekannya terpaksa digelandang ke Mapolres RL lantaran berupaya menyerang Johardi (51), tetangganya sendiri menggunakan berbagai macam senjata tajam (sajam). Masing-masing berinisial Ek (17), Ge (16), Ea (19), Ef (18) dan Ar (18).

Saling berkaitan dengan upaya penangkapan SP, ketujuh remaja tersebut adalah anak buah SP. Penyerangan tersebut diduga dipicu atas tudingan SP yang menyebutkan Johardi selalu memusuhi keluarganya. Peristiwa penangkapan ini terjadi saat SP kembali ke rumah selama melarikan diri ke Palembang.

Tidak puas dengan hasil penggerebekan pertama, Darwin kembali memimpin anggotanya memburu SP. Berselang 2 jam, pencarian SP membuahkan hasil. SP ditangkap tanpa perlawanan. “Kami mengamankan teman perempuan Sp untuk penyelidikan lebih lanjut. Saat ini statusnya masih sebatas saksi,” ujar Darwin.

Data terhimpun wartawan, SP dipecat secara tidak hormat sebagai anggota TNI tahun 2009 lalu karena kasus narkoba. Sp yang ketika itu berpangkat Sersan Satu (Sertu) ditangkap langsung oleh Polisi Militer karena keterlibatannya dalam narkoba. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: