Kebiasaan Sehari-hari Ini, Tanpa Disadari Jadi Penyebab Mata Katarak

Kebiasaan Sehari-hari Ini, Tanpa Disadari Jadi Penyebab Mata Katarak

Beberapa jenis obat seperti kortikosteroid dalam bentuk tetes mata atau obat antiinflamasi nonsteroid secara oral dapat meningkatkan risiko katarak. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Katarak adalah masalah kesehatan mata yang terjadi saat lensa alami mata menjadi keruh. Akibatnya, penglihatan normal orang yang mengalaminya bisa akan terganggu. Bertambahnya usia merupakan faktor utama dari gangguan kesehatan mata ini. Seiring bertambahnya usia, lensa mata secara alami mengalami penuaan dan seiring waktu terbentuklah Katarak. Namun selain karena faktor usia, ada juga beberapa kebiasaan yang berkontribusi dalam peningkatan risiko Katarak. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan mata Katarak:

BACA JUGA:Menuju Kesuksesan di Bulan Oktober, Ini 5 Weton yang Berenergi Tinggi

1. Paparan sinar UV

Paparan jangka panjang terhadap sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat merusak lensa mata dan meningkatkan risiko terjadinya katarak. Menggunakan kacamata hitam yang memberikan perlindungan UV dapat membantu mengurangi risiko.

2. Merokok

Kebiasaan penyebab mata katarak yang selanjutnya masih sering dilakukan adalah merokok. Merokok tidak hanya berdampak buruk pada paru-paru, tetapi juga dapat memengaruhi mata. Zat-zat kimia dalam asap rokok dapat merusak jaringan mata, termasuk lensa, dan meningkatkan risiko terjadinya katarak.

BACA JUGA:Benarkah Bintitan karena Hobi Mengintip?

3. Kurang konsumsi antioksidan

Tubuh membutuhkan sejumlah asupan nutrisi untuk menjaga kondisi kesehatan, termasuk mata. Kurangnya konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, dapat membuat mata lebih rentan terhadap kerusakan oksidatif. Antioksidan membantu melindungi lensa mata dari radikal bebas yang dapat merusaknya.

4. Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat merusak sel-sel mata dan mempercepat penuaan lensa mata, yang merupakan faktor risiko untuk katarak.

BACA JUGA:Inspiratif! Masa Perjuangan, Bos Unicorn Ini Pernah Kelaparan 3 Hari Tanpa Makan

5. Gula darah tidak terkontrol

Penyandang diabetes mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengalami katarak.Kadar gula darah yang tinggi dapat memengaruhi kesehatan lensa mata dan mengganggu penglihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: