Mistis: Berikut Ini Daftar Hari Keramat yang Sakral di Indonesia

Mistis: Berikut Ini Daftar Hari Keramat yang Sakral di Indonesia

Selain malam jumat kliwon, malam jumat wage juga dianggap keramat khususnya bagi warga yang berada di daerah jawa tengah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Masyarakat Indonesia khususnya orang Jawa masih banyak yang menganut kepercayaan yang beragam, dan sangat lekat hubungannya sakral keramat serta mistis terkait waktu dan hari. Sebagian orang ada yang menganggap itu hanyalah mitos, namun ada juga yang mempercayai hal tersebut sehingga dianggap sebagai hari keramat yang lekat hubungannya dengan mistis.

BACA JUGA:Agar Pintu Rezeki Terbuka Lebar, Amalkan Amalan Doa Pembuka Rezeki Berikut

Untuk itu, kita sebagai penerus generasi bangsa yang memiliki beragam budaya, harus mengetahui apa saja yang di anggap hari keramat atau mistis tersebut. Di bawah ini adalah nama hari atau waktu yang di anggap sakral atau angker bagi kebanyakan masyarakat Jawa :

1. Jumat Kliwon

Mendengar kata malam jumat kliwon apa yang ada di pikiranmu? Siapa yang tidak familiar dengan malam tersebut yang hingga saat ini sangat lekat hubungannya dengan sesuatu yang berbau mistis. Mungkin bagi kamu yang baru lahir di zaman milenial seperti saat ini, malam jumat kliwon di anggap sebagai waktu yang paling seram karena namanya kerap dijadikan sebagai judul di beberapa film horor. Terlepas dari itu semua, alasan lainnya dipercaya di malam jumat kliwon dedemit atau hantu sedang berkeliaran. Tak jarang orang tua zaman dulu melarang anaknya untuk keluar rumah karena takut diganggu oleh mahluk tak kasat mata.

BACA JUGA:KLHK Dinilai Cuci Tangan, Lahan Pembuangan Limbah PLTU Dikeluarkan dari Kawasan TWA Pantai Panjang

2. Jumat Wage

Selain malam jumat kliwon, malam jumat wage juga dianggap keramat khususnya bagi warga yang berada di daerah jawa tengah. Pada malam tersebut ada beberapa ritual berbau mistis yang dilaksanakan oleh masyarakat di daerah Jawa Tengah.

Kepercayaan itu juga melekat pada warga di daerah gunung Kelud Jawa Timur, yang mempercayai malam jumat wage sebagai hari keramat dengan alasan meletusnya gunung Kelud selalu tepat pada neptu wage. Neptu sendiri dalam istilah jawa adalah hitungan hari hari pasaran, bulan dan tahun di kalender jawa.

BACA JUGA:Model Baru Honda Scoopy Prestige, Desain Menarik dan Makin Sporty

3. Selasa Kliwon

Hari angkara kasih adalah sebutan untuk malam Selasa Kliwon, sering dianggap sebagai hari keramat dalam kepercayaan agama Hindu. Di waktu Selasa Kliwon disebut sebagai hari suci, yang mana biasanya di hari itu penganut agama Hindu melakukan pembersihan diri dari dosa terutama dosa besar. Nah, 3 hari diatas adalah sebagian dari hari keramat di Indonesia.

 BACA JUGA:Bikin Happy Semua Orang, Ini 5 Weton Paling Humoris dan Disukai Banyak Orang

Sebenarnya masih banyak beberapa waktu lainnya yang dianggap sakral dan keramat. Kita sebagai generasipenerus bangsa, penting untuk mempelajari hal tersebut guna melestarikan kebudayaan yang telah di bawa oleh para leluhur. Kamu bisa percaya atau tidak, yang terpenting selalu hormati budaya nenek moyang kita.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: