Selain Dimakan, Ini Dia Manfaat dari Daun Pepaya

Selain Dimakan, Ini Dia Manfaat dari Daun Pepaya

Salah satu manfaat yang cukup populer dari daun pepaya adalah sebagai obat anti hama alami yang ramah lingkungan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pastinya kamu sudah tidak asing dengan buah pepaya. Buah yang memiliki warna cenderung merah atau oranye ini memang seringkali dikonsumsi oleh banyak orang di Indonesia. Selain buahnya, ternyata daun pepaya juga dapat dikonsumsi sebagai lalapan atau sayur-mayur. Meskipun cenderung memiliki citarasa yang pahit, akan tetapi apabila diolah secara benar maka daun pepaya akan terasa cukup enak dan dipercaya memiliki beragam khasiat bagi tubuh.

BACA JUGA:Pulang Mendaki Bukit Daun, Mantan Komisioner KPU Rejang Lebong Meninggal Dunia

Namun, ternyata daun pepaya tidak hanya digunakan sebagai sumber makanan atau obat saja. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari daun pepaya. Berikut 3 manfaat lain dari daun pepaya yang jarang diketahui.

1. Digunakan Sebagai Pupuk Organik

Daun pepaya ternyata memiliki manfaat yang dapat menyuburkan tanaman. Melansir dari situs paktanidigital.com, daun pepaya kaya akan kandungan dan nutrisi yang baik bagi tanaman. Kandungan senyawa yang terkandung dalam daun pepaya antara lain, vitamin B1, Vitamin A, Protein nabati, kalsium, fosfor dan juga magnesium. Beberapa kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Hal inilah yang membuat daun pepaya dapat dijadikan sebagai pupuk kompos atau organik.

BACA JUGA:Kapolda Bengkulu Serius Tangani Karhutla, Masyarakat Diimbau Waspada

Pengolahan pupuk dari daun pepaya ini cukup sederhana dan mudah. Daun pepaya yang telah dicuci kemudian dipotong-potong atau dihaluskan. Lalu, campurkan potongan daun pepaya tersebut dengan tanah dan sekam padi lalu aduk hingga merata. Tambahkan pula larutan probiotik guna membantu proses fermentasi. Simpan di dalam tempat tertutup selama sekitar 2 minggu sebelum siap untuk digunakan.

2. Campuran Pakan Ternak

Daun pepaya tidak hanya memiliki manfaat bagi manusia, tetapi juga dapat menjadi salah satu bahan pakan yang cukup menyehatkan bagi ternak. Melansir dari situs fapet.ub.ac.id, daun pepaya dapat dimanfaatkan untuk campuran bahan pakan ternak olahan. Kandungan nutrisi seperti kalsium, magnesium, vitamin, serat dan protein nabati yang terdapat dalam daun pepaya dapat menyehatkan dan meningkatkan sistem imun hewan ternak. Beberapa jenis ternak yang bisa menggunakan daun pepaya sebagai pakannya adalah ayam, kambing dan domba.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Tabel Pinjaman KUR BSI 2023, Bisa Pinjam Minimal Rp5 Juta

3. Obat Anti Hama Alami

Salah satu manfaat yang cukup populer dari daun pepaya adalah sebagai obat anti hama alami yang ramah lingkungan. Melansir dari situs undip.ac.id, daun pepaya atau lebih tepatnya ekstrak daun pepaya dapat mengusir hama seperti kutu ataupun jamur pada tanaman. Daun pepaya tersebut dapat diolah menjadi campuran pestisida atau obat anti hama alami yang mudah dibuat.

Caranya cukup dengan siapkan daun pepaya yang telah dibersihkan lalu dipotong-potong atau dihancurkan. Kemudian campurkan potongan daun pepayan tersebut ke dalam air steril lalu tambahkan sedikit gula jawa untuk proses fermentasi. Diamkan sekitar 10-14 hari di dalam wadah tertutup untuk membantu proses pengendapan. Jangan lupa membuka tutup wadah tersebut setiap sehari sekali guna membuang gas yang tercipta. Lalu, saring air tersebut dan pestisida alami dari daun pepaya siap digunakan.

BACA JUGA:3 Trik Pinjam Uang di DANA, Hanya Gunakan Nomor Handphone Bisa Cair Rp4 Juta Tanpa KTP, Ikuti Langkah ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: