Gak Perlu Harus Ke Bengkel, Begini Cara Buang Angin Cakram Motor Sendiri

Gak Perlu Harus Ke Bengkel, Begini Cara Buang Angin Cakram Motor Sendiri

Cara membuang angin rem cakram sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit atau rumit. Bahkan Anda bisa mencoba melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke bengkel.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara buang angin cakram motor sebenarnya cukup mudah. Bahkan Anda bisa mencoba cara buang angin pada rem cakram motor ini sendirian. cakram motor sendiri merupakan salah satu sistem pengereman yang banyak digunakan pada kendaraan masa kini.

Komponen rem cakram ini terdiri atas cakram dan piringan metal yang akan dijepit kampas rem. Kemudian didorong caliper membuat tekanan hidrolik menjadi tekanan sehingga roda bisa berhenti. Banyak pabrikan motor yang menggunakan rem cakram karena memiliki kelebihan tersendiri.

BACA JUGA:Percaya pada Hari Sial? Malah Bikin Sial

Misalnya yaitu lebih efisien dalam menghasilkan gaya pengereman karena memiliki piringan cakram besar. Lalu lebih tahan panas karena piringannya tahan gesekan dan pengereman lebih presisi. Rem cakram juga memiliki perawatan dan perbaikan yang mudah karena sistemnya lebih sederhana.

Rem cakram motor juga bekerja dengan memanfaat cairan yang kita sebut minyak rem. Sehingga ketika rem cakram tidak bisa bekerja dengan baik artinya ada masalah pada minyak rem. Selain itu tentu ada masalah lainnya yang bisa menyebabkan fungsi rem cakram terganggu.

BACA JUGA:Cilikane Mlarat, Weton Ini Akan Sukses dan Kebanjiran Rezeki di Masa Tua

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi yaitu karena adanya angin palsu dalam sistem rem. Masalah itu bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti kualitas minyak rem yang menurun. Bisa juga karena minyak rem yang mendidih karena terlalu panas selama berkendara.

Masalah tersebut bisa menyebabkan timbulnya buih udara pada sistem rem cakram motor. Buih udara tersebut bisa menghalangi minyak rem mendorong piston kaliper rem cakram. Hal tersebut bisa mengakibatkan rem blong atau tuas rem mendadak menjadi keras atau bagel.

Untuk mengatasi masalah ini tentu perlu cara buang angin cakram motor agar rem kembali normal. Jika tidak segera Anda atasi tentunya masalah tersebut bisa membahayakan Anda sendiri. Sebab selama menggunakan motor Anda menjadi lebih sulit menghentikan laju motor.

BACA JUGA:Mudah dan Gampang! Begini Cara Terbaru Gesek Tunai Akulaku

Cara membuang angin rem cakram sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit atau rumit. Bahkan Anda bisa mencoba melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke bengkel. Nah, jika penasaran berikut adalah pembahasan caranya yang bisa Anda pahami dengan baik:

Siapkan Alat yang Diperlukan

Langkah pertama Anda harus menyiapkan peralatan yang diperlukan dalam kegiatan ini. Alat tersebut yaitu kunci pas 8 mm, obeng plus, minyak rem dan kain lap. Usahakan semua alat dan bahan tersebut tersedia karena sangat penting dalam proses buang angin cakram ini.

BACA JUGA:Cek Sekarang! Cara Dapetin Saldo DANA Ratusan Ribu Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: