Miniatur Air Terjun Bahan Styrofoam

Miniatur Air Terjun Bahan Styrofoam

\"AriBENGKULU, BE - Taman berfungsi sebagai pelengkap dan untuk memperindah serta mempercantik rumah.  Namun terkadang kita mengalami kesulitan untuk membuat taman karena biayanya yang mahal terutama pembuatan miniatur air terjun dengan berbagai ukiran.

Terlebih lagi jika bahan yang digunakan berasal dari batu alam. Namun saat ini tak perlu khawatir lagi karena kita bisa memiliki taman dengan miniatur air terjun dengan harga murah. Hal ini berkat kejelian Fauzi Firgo (50) melihat peluang bisnis dengan menciptakan miniatur air terjun dari bahan Styrofoam atau plastik busa.

\"Saya mulai membuat miniatur air terjun sejak tahun 2008, berawal dari begitu banyaknya sampah Styrofoam yang digunakan untuk membungkus buah impor, dan saya mencoba memanfaatkan sampah tersebut menjadi barang yang berharga,\" cerita Fauzi.

Kejelian yang didapat Fauzi tak  lepas dari profesinya sebagai pembuat miniatur air terjun, namun sebelumnya ia membuat miniatur air terjun menggunakan bahan dari semen maupun batu alam.  Menurut Fauzi meskipun ia sudah membuat miniatur air terjun dari Styrofoam pada tahun 2008, namun ia baru membuat untuk dijual mulai tahun 2010. Jika dibandingkan dengan bahan dasar dari batu alam, miniatur dari Styrofoam jauh lebih murah jika dibandingkan dari semen dan batu alam.

\"Jika dari batu alam harganya Rp 15 juta, dari semen Rp 10 juta, maka dari Styrofoam jauh lebih murah yaitu sekitar Rp 5 juta,\" tambah Fauzi.

Selain harganya murah miniatur air terjun dari Styrofoam ini sangat ringan sehingga bisa dipindah-pindahkan jika kita ingin merubah bentuk taman, untuk kualitas tidak perlu diragukan karena kualitas Styrofoam sangat kuat, karena Styrofoam yang digunakan adalah Styrofoam bekas impor buah-buahan yang sangat padat.  Selain itu Styrofoam tersebut ia lapisi dengan semen sehingga akan lebih kuat, untuk lamanya fauzi bisa mengkalim bisa bertahan diatas 20 tahun.

\"Yang berubah paling catnya saja, dan itu bisa dicat ulang bahkan bisa disesuaikan dengan trend yang sedang berlangsung,\" paparnya. Saat ini Fauzi sedang ikut memeriahkan HUT Kota Bengkulu dengan membuka stand di Jalan S Parman.  Sedangkan sehari-harinya ia memiliki depot bunga dan keperluan taman di depan SMKN 2 Kota Bengkulu.

Harga miniatur yang ia tawarkan berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Pameran tanaman yang dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu berdampak positif terhadap usahanya, karena banyak masyarakat yang tahu akan miniatur air terjun dari Styrofoam ini, dan pesanan pun mengalir dari warga Kota Bengkulu.  Banyak warga Kota Bengkulu yang belum mengetahui tentang miniatur dari Styrofoam tersebut, salah satunya adalah Hj Zaleha warga Lempuing.  Ia tidak menyangka bahwa miniatur tersebut dari Styrofoam.

\"Saya kira tadi berasal dari semen namun ternyata dari Styrofoam. Saya kagum dengan ide yang dikeluarkan Pak Fauzi,\" ungkap Ibu Zaleha.

Karena harganya murah dan bisa dipindah-pindahkan Bu Zaleha pun memesan untuk dibuatkan satu unit miniatur air terjun dari Styrofoam. Selain membuat miniatur air terjun, Fauzi juga membuat pot bunga dari Styrofoam. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: