Berani Mencoba? Ini Manfaat Terapi Lintah bagi Kesehatan

Berani Mencoba? Ini Manfaat Terapi Lintah bagi Kesehatan

Manfaat utama yang bisa didapatkan dari terapi lintah yakni melancarkan peredaran darah. Pasalnya, senyawa aktif pada lintah memiliki sifat antikoagulan yang bisa mencegah pembekuan darah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penggunaan terapi lintah dalam dunia medis telah lama dikenal sejak zaman dahulu. Peradaban Mesir, Yunani, India, hingga Arab kuno menjadi pencetus utama metode pengobatan tradisional yang satu ini.  Para ahli pada zaman tersebut percaya bahwa lintah mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti laringitis, kelainan sistem saraf, demam kuning, masalah gigi dan mulut, penyakit kulit, hingga infeksi.

BACA JUGA:Penjualan Asuransi Digital BNI Life Naik Lebih 1.000 Persen

Lintah yang digunakan pada pengobatan berasal dari spesies khusus, yakni Hirudo medicinalis, Hirudo troctina, dan Hirudo nipponia. Spesies lintah tersebut memiliki kandungan senyawa aktif berupa anastesi lokal sebagai obat bius, vasodilator lokal untuk melebarkan pembuluh darah, serta Hirudin dan calin yang dapat mencegah proses pembekuan darah. Lantas, seperti apa penjelasan tentang manfaat terapi lintah bagi kesehatan? Berikut lima diantaranya.

BACA JUGA:GAMPANG BANGET! Aktifkan DANA Paylater Bisa Pinjam Uang Rp10 Juta, Otomatis Cair Langsung ke Dompet Digital

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat utama yang bisa didapatkan dari terapi lintah yakni melancarkan peredaran darah. Pasalnya, senyawa aktif pada lintah memiliki sifat antikoagulan yang bisa mencegah pembekuan darah. Disamping itu, terapi lintah juga sering digunakan untuk membantu menghilangkan penumpukan darah pasca operasi. Kondisi yang disebut kongesti vena ini dapat memicu bagian tubuh atau kulit memar.

Lintah berperan mengisap darah yang menumpuk atau menggenang. Sebagai gantinya, senyawa aktif dalam air liur lintah akan melebarkan pembuluh darah (vasodilator) untuk meningkatkan aliran darah ke bagian bermasalah.

BACA JUGA:Bukan Zimat, Ini Amalan Penglaris Dagangan, Habib Novel Alaydrus: Buktikan

2. Membantu Pengobatan Kardiovaskular

Terapi lintah juga bisa digunakan untuk membantu pengobatan penyakit kardiovaskular. Sebab, kandungan hirudin pada air liur lintah diyakini bisa mengatasi masalah tersebut.

3. Meredakan Nyeri Akibat Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit radang sendi yang terjadi akibat kerusakan pada tulang rawan, sehingga menimbulkan gesekan antartulang dan memicu merasakan nyeri.Kondisi medis ini ternyata bisa diobati dengan terapi lintah. Sebab, sifat anestesi pada air liur lintah dapat mengurangi rasa sakit. Tak hanya itu, air liur lintah yang bersifat antiinflamasi akan membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi.

BACA JUGA:Meskipun Berdoa Sampai Jungkir Balik, Tak Akan Dikabulkan, Ustadz Adi Hidayat: Bila Ada 2 Benda ini di Rumah

4. Menurunkan Risiko Amputasi Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: