Tips Jitu Merawat Kamera DSLR Biar Nggak Gampang Rusak

Tips Jitu Merawat Kamera DSLR Biar Nggak Gampang Rusak

Saat mengganti lensa, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati dan di tempat yang bersih. Jangan biarkan kamera terbuka tanpa lensa terpasang untuk menghindari debu masuk ke dalam sistem kamera.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah jenis Kamera profesional yang sangat berharga bagi para fotografer amatir maupun profesional. Karena itu, Merawat Kamera DSLR dengan baik sangat penting untuk memastikan kualitas gambar yang optimal dan usia pemakaian Kamera yang lebih lama. Berikut adalah 5 tips merawat Kamera DSLR yang bisa kamu ikuti.

BACA JUGA:Kondensor AC Mobil Bocor? Begini Cara Penanganannya

1. Bersihkan secara rutin

Membersihkan kamera secara rutin adalah langkah awal yang sangat penting dalam merawatnya. Gunakan kain microfiber atau tisu khusus untuk membersihkan bagian luar kamera dari debu, sidik jari, atau noda lainnya. Jangan lupa juga membersihkan lensa dengan kain pembersih lensa yang lembut dan lens cleaner yang sesuai. Ingat, kamu harus berhati-hati saat membersihkan bagian lensa.

BACA JUGA:Ide Bisnis Ikan Hias Aquarium yang Mudah dan Bisa Untung Gede!

2. Hindari menyentuh lensa dan komponen dalam yang lain secara langsung

Usahakan untuk tidak menyentuh bagian dalam kamera, khususnya cermin dan sensor. Jika perlu membersihkan sensor, biarkanlah hal tersebut dilakukan oleh profesional atau ikuti petunjuk pembersihan yang diberikan oleh produsen kamera.

Saat mengganti lensa, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati dan di tempat yang bersih. Jangan biarkan kamera terbuka tanpa lensa terpasang untuk menghindari debu masuk ke dalam sistem kamera.

BACA JUGA:Ini Tandanya Van Belt Motor Matic-mu Minta Diganti

3. Hindari sensor kamera terkena paparan sinar matahari secara langsung

Perlu diketahui bahwa mengarahkan sensor kamera pada cahaya matahari langsung yang terlalu terang dapat merusak sensor kamera tersebut dan komponen elektronik lainnya. Maka, jangan membiarkan kamera terpapar langsung pada cahaya matahari yang terlalu terang.

BACA JUGA:Gratis Saldo DANA Rp150.000 Siap Masuk Dompet Digital, Tugasnya Baca ini

4. Rutin periksa kondisi kamera

Lakukan pemeriksaan rutin pada kamera DSLR kamu. Periksa apakah ada bagian yang longgar, baret, atau rusak. Jika kamu menemukan sebuah masalah, segera bawalah kamera ke tempat perbaikan yang terpercaya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi baterai sebelum digunakan. Jika baterai terlihat aus atau tidak berfungsi dengan baik, segera gantilah dengan baterai yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: