Begini Cara yang Benar Merawat Kacamata agar Bersih dan Mengkilap

Begini Cara yang Benar Merawat Kacamata agar Bersih dan Mengkilap

Bagi beberapa pengguna kacamata sering kali malas untuk membersihkan kacamata. Padahal hal tersebut penting untuk dilakukan agar noda yang ada tidak mengendap terlalu lama pada lensa kacamata.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi orang-orang yang memiliki masalah penglihatan, kacamata menjadi benda yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Seakan-akan memiliki mata kedua, kacamata membantu penglihatan agar lebih jelas. 

Masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna kacamata adalah lensa kacamata yang sering kotor. Entah terkena debu, noda atau goresan. Tidak hanya mengganggu pengelihatan saja, lensa kacamata yang tidak bersih juga mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui cara menjaga kacamata agar tetap bersih dari noda maupun goresan. Disini telah merangkum 4 tips menjaga kacamata agar tetap bersih dari noda maupun goresan. Yuk, kita simak bersama!

BACA JUGA:Ini Tandanya Van Belt Motor Matic-mu Minta Diganti

1. Pastikan Tangan Bersih Sebelum Memegang Kacamata

Biasakan untuk membersihkan tangan sebelum memegang kacamata ialah cara pertama untuk menghindarkan lensa dari kotoran ataupun noda. Misalnya, setelah makan atau memegang benda lain yang berpotensi menyalurkan noda ke lensa atau frame kacamata. Kamu bisa lakukan dengan mencuci dan mengeringkan tangan atau mengelap tangan sebersih mungkin.

BACA JUGA:Apakah Berbahaya Mencuci Rambut saat Menstruasi? Ini Penjelasanya

2. Rutin Membersihkan Kacamata 

Bagi beberapa pengguna kacamata sering kali malas untuk membersihkan kacamata. Padahal hal tersebut penting untuk dilakukan agar noda yang ada tidak mengendap terlalu lama pada lensa kacamata.

Dalam membersihkan kacamata, hal yang perlu diperhatikan ialah terlebih dahulu membasahi lensa sebelum mengelapnya dengan kuat. Cara ini lebih efektif dan aman dibandingkan menyeka kacamata dalam kondisi lensa yang kering.

3. Sering Mencuci Kain Mikrofiber

Cara tersebut dianggap sepele, tetapi penting pula untuk dilakukan. Kain mikrofiber digunakan untuk menyeka noda-noda pada lensa. Apabila digunakan dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka noda-noda yang menempel pada kain mikrofiber juga semakin banyak. Oleh sebab itu, perlunya rutin untuk mencuci kain mikrofiber agar tetap bersih.

BACA JUGA:Pernak-Pernik Indah Dekorasi untuk Kamar Tidur Anak Perempuan

4. Jangan Mengelap Kacamata dengan Sembarang Kain

Saat sedang kepepet beberapa orang sangat sering menggunakan baju, jilbab, hingga tisu untuk membersihkan lensa kacamata yang buram akibat terkena noda. Padahal benda-benda tersebut tidak boleh digunakan untuk mengelap kacamata. Hal tersebut dikarenakan benda-benda tersebut memiliki tekstur yang kasar dan malah cenderung merusak lensa, apalagi jika digunakan dengan kasar. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: