Ini Doa Para Nabi Ini Diabadikan dalam Al-Qur’an

Ini Doa Para Nabi Ini Diabadikan dalam Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an terdapat doa-doa para Nabi yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Doa yang dipanjatkan oleh mereka memiliki karakter dan tujuan yang berbeda-beda.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Doa merupakan salah satu bentuk permohonan dan kerendahan hati seorang hamba di hadapan Tuhannya. Bahkan para Nabi pun, yang notabene sebagai kekasih-Nya, berdoa dan menjadikan Doa sebagai senjata mereka saat situasi sulit.

BACA JUGA:Cara Dapatkan Backlink Berkualitas dari Media Nasional, Ikuti Trik Berikut Ini 

Berdoa merupakan aktivitas yang bernilai ibadah. Dengan berdoa, seorang mampu menaiki tangga menuju jalan kesuksesan dan keselamatan. Sebab doa adalah lawan dan musuh dari bala’; ia mampu meringankan turunnya bala’ bahkan menolaknya.

Al-Qur’an menyatakan bahwa berdoa adalah perintah, siapapun yang berdoa, maka permohonannya pasti terkabul. Hal ini ditegaskan dalam surat Ghafir ayat 60:

 BACA JUGA:Cara Renovasi Rumah Minimalis Modern Jadi Bernuansa Alami, Bisa Ditiru

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: “Berdoalah kalian kepada-Ku, maka Aku kabulkan permohonanmu”

Dalam Al-Qur’an terdapat doa-doa para Nabi yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Doa yang dipanjatkan oleh mereka memiliki karakter dan tujuan yang berbeda-beda. Tapi pada umumnya doa tersebut mengandung dua unsur; mengagungkan Allah subhanahu wata'ala. dan memohon ampunan kepada-Nya.

Selain itu, adakalanya doa yang dipanjatkan oleh salah seorang Nabi tidak dijumpai dalam satu surat saja tapi terpisah-pisah di beberapa surat. Sebab sejarah dan peristiwa yang diabadikan dalam Al-Qur’an mengenai perjalanannya tidak diceritakan secara utuh dalam satu surat, seperti Nabi Ibrahim dan Nabi Musa.

BACA JUGA:Weton Anak Ini Sejak Lahir Hidupnya Berkecukupan dan Rezekinya Mulus Seperti Jalan Tol

Sebaik-baik doa adalah doa yang telah diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, baik dari Al-Qur’an maupun hadits-hadits Nabi. Meskipun tidak ada larangan bagi seorang mukmin menggunakan redaksi dan bahasa daerahnya ketika berdoa. Namun alangkah baiknya, doa-doa tersebut dihafal dan dipanjatkan oleh kita sebagai bentuk mengikuti sunnah para Nabi.

Berikut adalah doa-doa para Nabi yang diabadikan dalam Al-Qur’an:

1. Doa Nabi Adam: 

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ (23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: