Whatsapp Rentan Disadap, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Whatsapp Rentan Disadap, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

waspadalah jika ada pesan yang terkirim sendiri padahal kamu tidak pernah mengirimkannya. Bisa jadi pesan itu dikirim oleh orang lain yang telah masuk di akunmu.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jangan sampai deh WhatsApp kamu kena sadap. Untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan tersebut, kamu harus mengetahui ciri WhatsApp disadap.

Sebenarnya setiap pesan di WhatsApp telah terenkripsi. Artinnya setiap pesan yang dikirimkan mengalami proses teknis yang dapat mengonversikan informasi menjadi kode rahasia, sehingga dapat mengaburkan data yang dikirim, terima, atau simpan.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Aplikasi DANA Beserta Limit Dana Cicil, Transformasi Kartu Kredit Digital

Namun, hal tersebut tidak mengurangi risiko penyadapan di aplikasi dengan logo warna hijau tersebut. Agar terhindar dari hal-hal merugikan dari aksi penyadapan kamu harus tahu ciri-ciri akun WhatsApp yang telah disadap.

Biasanya peretasan ditandai dengan dikirmnya sebuah kode OTP lewat SMS maupun telepon, pesan yang terbaca sendiri, akun keluar secara tiba-tiba, sampai mengirim pesan yang tidak dikrim sebelumnya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

BACA JUGA:Mau Kredit Motor Honda? Begini Cara Cek Simulasinya, Cuma Pakai HP

1. Menerima Kode OTP lewat SMS maupun telepon

Kode One Time Password (OTP) digunakan untuk membantu proses verifikasi saat melakukan login atau transaksi dalam perangkat digital.

Maka kode OTP tidak akan dikirimkan oleh aplikasi apabila memang tidak sedang dibutuhkan dalam proses tertentu, termasuk login. Maka jika kode OTP dikirim secara tiba-tiba, kamu perlu waspada. Bisa jadi ada seseorang yang berusaha untuk masuk ke akunmu.

BACA JUGA:3 Jenis Kredit yang bisa Diajukan lewat Aplikasi BRIMO, Tak Perlu ke Bank

2. Keluar dari WhatsApp Tiba-tiba

Hal ini dapat terjadi kalau ada perangkat lain yang mencoba masuk ke akun WhatsApp. Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek dengan menekan ikon titik tiga dan pilih WhatsApp Web atau Linked Devices. Ketahui perangkat-perangkat yang terhubung di akun kamu.

3. Pesan Terbaca Sendiri

Pernah gak sih kamu merasa ada kejadian aneh saat membuka WhatsApp, seperti pesan dari orang lain sudah terbaca meskipun kamu belum memencet room chatnya? Nah, itu juga menjadi salah satu ciri WhatsApp kena sadap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: