Jepa, Makanan Khas Suku Mandar yang Gurih dan Bikin Ketagihan Tiap Gigitan

Jepa, Makanan Khas Suku Mandar yang Gurih dan Bikin Ketagihan Tiap Gigitan

Jepa paling enak disantap jika masih dalam keadaan hangat dengan taburan kelapa di atasnya, dan yang menjadi teman santapannya adalah jenis tumis sayur dan ikan tuing-tuing atau ikan terbang yang diesapi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sobat kuliner, jika kamu berkunjung ke provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), khususnya di kabupaten Majene, jangan sampai kamu merasa hampa jika tidak mencicipi kuliner lokal dan khas suku Mandar

Tentu ada banyak berbagai varian kuliner yang ada di kabupaten Majene, seperti halnya kuliner yang dikenal dengan nama Jepa. Jepa ini merupakan sajian khas dan menjadi makanan tradisional masyarakat suku Mandar. 

BACA JUGA:Nama Profil WhatsApp Anda Pengen Jadi Keren dan Estetik, Begini Cara Buatnya

Melansir dari budaya-indonesia.org, jepa merupakan roti pipih bulat yang dibuat dari bahan singkong dan parutan kelapa. Makanan khas Majene ini dimasak di atas wajan khusus yang terbuat dari tanah liat, kalau istilah mandar dikenal dengan sebutan ‘panjepangan’. 

Jepa ini berbentuk bulat pipih. Ternyata makanan tradisional khas Mandar ini sudah diwariskan secara turun-temurun. Jepa khas Mandar sudah menjadi makanan sehari-hari, bahkan banyak masyarakat Mandar yang menjadikan bekal untuk bermatapencaharian sebagai nelayan saat melaut. 

BACA JUGA:Inilah 5 Sholawat Pembuka Pintu Rezeki Paling Ampuh, Yuk Amalkan secara Rutin

Umumnya, ada tiga jenis Jepa khas Mandar ini yang dikenal yaitu Jepa Katong, Jepa Golla Mamea, dan Jepa-jepa. Jenis Jepa Katong terbuat dari sagu, sementara Jepa Golla Mamea merupakan Jepa yang dibuat dengan campuran gula aren atau gula merah, sedangkan Jepa-Jepa ini memiliki ukuran yang kecil. 

Cara membuat makanan Jepa

Sebelum memasak makanan Jepa, terlebih dahulu harus menyiapkan singkong yang sudah diparut dan juga sudah diperas. Jepa dibuat dengan cara memasukkan parutan singkong bercampur kelapa ke atas tembikar yang terbuat dari tanah liat. 

BACA JUGA:3 Hari Cair! Pinjol Rp50 Juta di Livin Mandiri Tanpa Agunan

Ketika parutan singkong yang bercampur kelapa sudah diletakkan di atas media cetaknya, kemudian diratakan lalu di atasnya lagi ada satu lagi panjepangan. Hal itu dilakukan dengan membolakbalikkan dan bentuknya pun akan menipis. Jika Jepa itu sudah berwarna cokelat itu berarti Jepa sudah masak dan siap disantap. 

Menikmati gurinya Jepa

Jepa paling enak disantap jika masih dalam keadaan hangat dengan taburan kelapa di atasnya, dan yang menjadi teman santapannya adalah jenis tumis sayur dan ikan tuing-tuing atau ikan terbang yang diesapi, bisa juga ditemani bau peapi.

BACA JUGA:Tiap Hari Cuan! Dompet Digital Masuk Saldo DANA Gratis Rp500.000, Ini Triknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: