Bila Terjadi Gempa Bumi, Segera Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW ini

Bila Terjadi Gempa Bumi, Segera Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW ini

Ilustrasi Gempa-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Saat terjadi gempa, selain segera menyelamatkan diri, disarankan bagi umat Islam untuk mengucapkan doa khusus.

Berdoa ketika terjadi gempa diyakini membantu umat Islam tetap tenang dalam upaya mitigasi, dengan tujuan mengurangi potensi risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh gempa.

Indonesia, sebuah negara yang terdiri dari banyak pulau, seringkali mengalami gempa karena terletak di dalam wilayah zona seismik yang aktif.

BACA JUGA:Insyaallah Pintu Rezeki Terbuka Lebar, Amalkan Zikir-zikir dan Doa-doa ini di Pagi Hari

BACA JUGA:Ingin Semua Pintu Rezeki Terbuka, Ustadz Abdul Somad Sarankan Baca Doa ini

Di samping mengajarkan umatnya untuk berdoa, Badan Nasional Penanggulangan dan Pencegahan Bencana (BNPB) juga memberikan pedoman tentang tindakan yang sebaiknya diambil saat gempa terjadi. 

Beberapa langkah yang dianjurkan saat terjadi gempa adalah tidak panik, bila memungkinkan segera keluar rumah atau gedung namun bila tidak memungkinan melakukan upaya-upaya seperti menunduk, melindungi kepala dan berpegangan.

Kemudian langkah lain yang dilakukan yaitu menjauhi kaca, tetap tentang sampai guncangan gempa berhenti dan aman baru setelah itu segera melakukan evakuasi.

Dalam konteks Islam, mengucapkan doa saat terjadi gempa bumi dianggap sebagai perbuatan sunnah yang bertujuan untuk meraih ketenangan dan perlindungan dari bahaya tersebut.

Menurut pandangan agama Islam, gempa bumi dianggap sebagai suatu peristiwa bencana yang terjadi tanpa campur tangan manusia. Berbeda halnya dengan bencana banjir yang bisa dipicu oleh faktor-faktor manusia.

Saat terjadi gempa bumi, berikut doa yang bisa diamalkan oleh umat Islam.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

(Allahumma innii as-aluka khairahaa wa khaira maa fiihaa wa khaira maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khaira maa ursilat bih).

Artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: