Fitur “Live Lyrics” YouTube Music, Asyik Buat Karaokean!

Fitur “Live Lyrics” YouTube Music, Asyik Buat Karaokean!

Sekarang mayoritas lagu yang ada di YouTube Music sudah dilengkapi liriknya. YouTube Music telah memberi update-an terbaru.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - YouTube Music baru saja menghadirkan fitur anyarnya yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat musik yakni fitur ‘Live Lyrics’ yang mampu menampilkan lirik lagu secara real-time.

YouTube Music telah mengembangkan fitur tersebut guna membantu para pengguna yang ingin ikut karaoke sambil membaca lirik ketika lagu diputar. 

BACA JUGA:7 Cara Laris Jualan dan Banjir Orderan di TikTok Shop, Wajib Coba!

Fitur ini telah resmi dirilis oleh YouTube Music secara global. Bukan hanya itu, baik para pengguna yang berbayar (premium) dan gratis juga bisa menikmati fitur tersebut. Kini mereka dapat berdendang ria sambil membaca lirik lagu.

Untuk menggunakan fitur baru dari YouTube Music tersebut, pengguna harus mengunduh versi terbaru dari aplikasi YouTube Music di Playstore atau Appstore. Para pengguna Android bisa menggunakan fitur ini melalui YouTube Music versi 6.15 dan bagi mereka yang memakai perangkat iOS dapat menikmatinya di aplikasi versi 6.16.

BACA JUGA:Oknum Mahasiswa di Bengkulu Ditangkap Usai Petakan Narkoba di Pinggir Jalan

Sementara itu, saat pertama kali fitur ini dikenalkan masih sedikit lagu yang terdapat lirik real-time di dalamnya. Sekarang mayoritas lagu yang ada di YouTube Music sudah dilengkapi liriknya. YouTube Music telah memberi update-an terbaru.

Agar bisa membaca liriknya, pengguna dapat menemukan fitur tersebut di tab lirik setelah pengguna memilih salah satu lagu untuk diputar. Kemudian, pengguna akan melihat desain lirik yang berjalan sesuai waktu lagu yang dinyanyikan. Kemampuan fitur "Live Lyrics" ini membuat lirik lagu bergeser ke baris selanjutnya secara otomatis mengikuti bagian yang dinyanyikan oleh penyanyi.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengaktifkan DANA Paylater, Bisa Dipakai dalam Keadaan Sulit

Untuk membedakan lirik yang sedang dinyanyikan atau tidak, dapat diketahui jika lirik berwarna putih berarti lagu sedang diputar di detik atau menit tersebut, jika tidak maka lirik akan berwarna abu-abu samar. Selain itu, terdapat ikon balok musik yang berfungsi sebagai indikator instrumen yang sedang dimainkan. Pengguna juga bisa melompati bagian tertentu dari lagu yang dinyanyikan dengan menekan baris lirik yang ingin diputar.

Selanjutnya, live lyrics pada YouTube Music menampilkan desain yang elegan dan minimalis. Latar belakang lirik setiap lagu memiliki warna yang berbeda, mayoritas berdasarkan cover album lagu tersebut. Kemudian, warna latar belakang tadi dibuat samar-samar yang menambah kesan estetik dari interface aplikasi tersebut.

BACA JUGA:Dewan Pers Ingatkan Partai Politik dan Penyelenggara Pemilu Jangan Pelit Informasi

Tak hanya itu, di samping kiri tab "lyrics" terdapat fitur  "up next" yang menunjukkan lagu selanjutnya untuk diputar. Disana pengguna bisa memilih berdasarkan lagu-lagu yang familiar dengannya atau fitur discover yang memungkinkan untuk mendengarkan lagu dari artis lain yang jarang didengar.

Pada posisi sebelah kanan tab "lyrics", juga ada fitur "related" yang merekomendasikan pengguna lagu yang mungkin disukainya. Dibawahnya, terdapat informasi tentang penyanyi yang menyanyikan lagu yang sedang dimainkan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: