Bingung Cara Melepaskan Diri dari Hutang, Amalkan Doa-doa ini

Bingung Cara Melepaskan Diri dari Hutang, Amalkan Doa-doa ini

Insya Allah orang yang istiqomah membacakan doa ini akan diberi kemudahan dalam mencari rizqi sehingga hutang akan cepat lunas.-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM- Doa saat terbelit oleh hutang dapat diamalkan saat kita memohon kemudahan dalam membayar utang yang tengah dihadapi. 

Selain berupaya dan mencari metode untuk melunasi utang tersebut, kita juga memiliki kesempatan untuk memohon bantuan kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan jalan untuk menunaikan kewajiban melunasi hutang.

Kewajiban untuk melunasi utang adalah suatu hal yang diamanatkan oleh hukum, dan jika utang tidak diselesaikan dalam kehidupan dunia, maka tanggung jawab tersebut akan berlanjut di akhirat.

BACA JUGA:Insyaallah Hutang Lunas, Amalkan Zikir Khusus Pelunas Hutang, Syekh Ali Jaber: Ini Waktu Mengamalkannya

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Ajarkan Ini ke Anak Agar Terbebas dari Hutang

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:

"Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, seandainya ada seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian ia dihidupkan lagi, lalu terbunuh lagi, kemudian dihidupkan lagi dan terbunuh lagi, sedang ia memiliki hutang, sungguh ia tidak akan masuk surga sampai utangnya dibayarkan," (HR Nasa’i).

Hutang adalah salah satu jenis transaksi dalam muamalah yang diizinkan. Namun, hal ini tidak boleh diartikan bahwa utang harus dijadikan gaya hidup. Perlu diingat bahwa terlalu banyak utang dapat mengakibatkan konsekuensi yang merugikan bagi individu tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumberi, berikut ini adalah doa-doa yang bisa diamalkan agar kita bisa terbebas dari lilitan hutang.

1. Doa Terlilit Hutang

Doa pertama ini berdasarkan kisah Rasulullah SAW. Dimana suatu hari Rasulullah SAW memasuki masjid dan melihat Abu Umamah duduk sendirian. Ia lalu memberi salam kepada Abu Umamah

"Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?,"

Abu Umamah mengungkapkan kepada Rasulullah bahwa ia sedang mengalami kebingungan karena terjebak dalam banyak hutang. Rasulullah dengan penuh kasih dan bijaksana mengajarinya sebuah doa yang jika dibaca dapat meredakan kebingungannya dan membantu dalam membayar hutang.

BACA JUGA:Insyaallah Rezeki Lancar dan Hutang Lunas, Amalkan Nasehat dari Mbah Moen ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: