Tak Minat Kelola Parkir

Tak Minat Kelola Parkir

RATU SAMBAN, BE -  Rencana swastanisasi pengelolaan kawasan parkir dalam Kota Bengkulu, belum berjalan.  Pihak ketiga (swasta), sepertinya kurang berminat mengelola perparkiran.

  Terbukti, dari 12 zona  yang dipetakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Bengkulu, baru satu zona yang telah dikelola pihak ketiga yakni zona satu di kawasan Betungan- Padang Harapan.  Sisanya  sebelas zona  masih terjadi tarik ulur antara pihak ketiga dengan Dishubkominfo.

Kepala Dishubkominfo Kota Bengkulu, Ivansori melalui Kasi Sarana dan  Prasarana Darat, Firdaus MZ  membenarkan  kondisi tersebut.  Dari pelaksanaan pembedahan  kawasan parkir, Dishub memetakan sebanyak 12 zona parkir.   Dari masing-masing zona telah diketahui berapa  titik-titik parkir  dan jumlahnya sangat variatif, dengan pendapatan yang fluktuatif pula.

Firdaus mengaku tak hapal persis, berapa titik-titik parkir di setiap zona, hanya saja  khusus di zona enam, termasuk kawasan zona parkir gemuk    yakni meliputi pasar panorama  ini memiliki 119 titik, dan sebelumnya dikelola CV Tiga Saudara.

Lokasi yang sempat  menjadi perebutan itu hingga saat ini  belum ada pihak ketiga yang telah mengambilnya.  CV tersebut belum memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan Dishubkominfo, yakni menyediakan biaya agunan selama tiga bulan setoran  sebesar Rp 64.747.000 yang harus disetorkan kepada  Koperasi Dishubkominfo.

Kontrak kerjasama sudah siap, ternyata saat hendak ditindaklanjuti masih ada  item-item yang harus disediakan   tidak terpenuhi, seperti anggunan setoran  selama tiga bulan pertama  dengan jumlah sesuai pendapatan setiap bulanya, hal ini yang menjadi keberatan mereka  sehingga usulan pengelolaanya  harus di pending terlebih dahulu, \" katanya.

Dari 12 zona  parkir, hingga saat ini baru satu zona yang dikelola pihak ketiga, yakni zonasi  I sebanyak 27 titik parkir.  Dimulai dari  Betungan hingga simpang Padang Harapan Luar.  (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: