Sering Kelelahan Akibat Kelamaan Main Gadget? Begini Tips Jitu Mengatasinya

Sering Kelelahan Akibat Kelamaan Main Gadget? Begini Tips Jitu Mengatasinya

Saat kita asyik dengan gadget, kita cenderung kurang berkedip, yang dapat mengakibatkan mata kering dan iritasi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan setiap orang. Namun, penggunaan gadget secara berlebihan seperti ponsel pintar, tablet, dan komputer ternyata bisa berdampak negatif pada kesehatan mata.

Terutama, peningkatan paparan cahaya biru dari layar gadget telah lama dikaitkan dengan gejala kelelahan mata. Bagaimana kita bisa menjaga kesehatan mata di tengah gempuran gadget? Berikut adalah enam tips yang dapat membantu kamu mengatasi masalah ini.

BACA JUGA:Saham Jerman Ditutup di Zona Hijau, 37 Saham Raih Keuntungan

1. Istirahatkan Mata secara Teratur

Mengistirahatkan mata adalah hal penting yang hendaknya menjadi kebiasaan baik. Terapkan konsep "20-20-20": setiap 20 menit, fokuslah pada objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Hal ini membantu mengurangi ketegangan pada otot mata dan meredakan kelelahan.

2. Blinking Aktif

Saat kita asyik dengan gadget, kita cenderung kurang berkedip, yang dapat mengakibatkan mata kering dan iritasi. Berusaha untuk berkedip secara aktif dapat membantu menjaga kelembaban mata.

BACA JUGA:Doa Zina Dihapus dan Surga Diraih, Gus Baha: Amalkan Zikir ini Berulang Kali

3. Pencahayaan yang Tepat

Pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup dan tidak terlalu terang atau redup saat menggunakan gadget. Cahaya yang baik dapat mengurangi tekanan pada mata.

4. Gunakan Filter Cahaya Biru

Banyak gadget sekarang memiliki opsi untuk mengaktifkan filter cahaya biru, yang mengurangi paparan cahaya biru yang dapat merusak mata. Ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata akibat layar.

BACA JUGA:Menikah Itu Tidak Hanya Soal Cinta, Namun Butuh Komitmen Jangka Panjang

5. Pentingnya Jarak 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: